5 Alasan Mengapa Harus Olahraga di Pagi Hari

Bagi anda yang memiliki aktivitas segudang, mennyempatkan waktu untuk berolahraga terutama di pagi hari memang bukanlah sesuatu yang mudah.

Terlebih jika anda sering tidur malam, bangun pagi hari serasa menyiksa. Namun, karena olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga perawatan kecantikan dari dalam, meluangkan waktu olahraga walau sebentar di pagi hari bukanlah ide yang buruk.

Mengapa Harus Olahraga di Pagi Hari

Loading...

Berolahraga memang dapat dilakukan kapan saja, pada siang, sore atau malam hari. Namun tahukan anda bahwa berolahraga di pagi hari merupakan waktu olahraga yang terbaik karena dapat menjaga kekebalan tubuh secara optimal. Selain itu, udara di pagi hari juga lebih segar karena belum banyak aktivitas yang terjadi.

Berikut adalah manfaat yang anda bisa dapatkan dengan berolahraga di pagi hari.

1. Pikiran Menjadi Segar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga di pagi hari, metabolisme tubuh akan semakin lancar hingga 10 jam setelah anda berolahraga.

Olahraga yang dapat anda lakukan di pagi hari adalah berlari kecil (jogging). Jogging selama 15 menit saja sudah dapat membuat tubuh anda lebih segar dan sehat. Udara pagi juga bisa menyegarkan otak dan pikiran anda, juga organ tubuh lainnya seperti jantung, paru-paru, hari dan lainnya.

READ:  5 Alasan Mengapa Olahraga Diperlukan Selama Masa Kehamilan

Oleh sebab itu, sempatkan sedikitnya 15 menit untuk berlari pagi secara rutin.

2. Tidak Mengganggu Aktivitas

Olahraga di pagi hari baik dilakukan sebelum anda memulai aktivitas. Hal ini dapat menguntungkan anda karena setelah berolagraga, anda memiliki waktu penuh seharian untuk melakukan aktivitas lainnya dan tidak perlu meluangkan waktu di sore maupun malam hari untuk berolahraga.

Olahraga di sore dan malam hari juga dianggap tidak maksimal karena setelah beraktivitas seharian, anda biasanya sudah merasa lelah dan olahraga menjadi tidak maksimal.

3. Meningkatkan Semangat

Banyak yang beranggapan jika olahraga di pela agi akan membuat kita lelah dan tidak bersemangat untuk beraktivitas. Padahal, dengan berolahraga di pagi hari anda akan mendapatkan suntikan endorphin yang justru mampu membuat anda bersemangat dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, anda juga akan terhindar atau mengontrol diri untuk tidak mengkonsumsi makana yang tidak sehat seperti junk food. Hal ini dikarenakan olahraga dapat mencerna kalori lebih lama sehingga anda pun tidak mudah lapar.

READ:  Yogurt Body Mask, Solusi Alami untuk Kulit Sehat

Selain ini, sinar matahari pagi yang hangat juga tidak hanya membuat anda senang, namun juga memberikan vitamin D cuma-cuma yang dibutuhkan tubuh.

4. Menata Ritme Kerja

Mungkin anda sebenarnya memiliki jadwal rutin kegiatan sehari-hari. Namun karena jadwal tidur atau bangun pagi yang tidak teratur, jadwal-jadwal tersebut menjadi berantakan.

Olahraga pagi berarti anda harus bangun lebih pagi dan hal ini menyebabkan anda berusaha untuk tidur tidak terlalu malam. Jika hal ini anda lakukan secara rutin, tubuh akan terus mengikuti aktivitas yang sudah kita jadwal.

5. Meningkatkan Fokus

Pagi hari identik dengan suasana yang tenang, sunyi dan hangat. Itu juga sebab olahraga pagi sangat tepat karena udara juga masih bersih dan segar.

Olahraga di pagi hari secara rutin dapat membantu melepaskan hormon bahagia yang membuat anda lebih tenang dan tidak mudah stress. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja anda di kantor lebih fokus.