Tampil Cantik dan Wajah Tirus Dengan Teknik Shading

Tidak semua orang memiliki bentuk wajah yang sempurna. Sebagian orang memiliki bentuk wajah persegi, bulat dan panjang. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat wajah Anda tampak lebih menawan.

Shading adalah salah satu teknik make-up yang dapat membuat wajah Anda memberi kesan lebih sempurna. Teknik ini biasanya dilakukan pada area tertentu di wajah Anda misalnya hidung dan pipi. Untuk membuat shading, Anda terlebih dahulu harus mengaplikasikan bronzer atau bedak yang memiliki warna lebih gelap dibanding warna kulit wajah Anda.

Menyempurnakan Wajah Dengan Teknik Shading

Loading...

Selain itu, sebaiknya Anda memiliki foundation dalam bentuk cair dengan tiga warna berbeda. Satu foundation dengan warna yang senada dengan kulit Anda, satu dengan tingkat warna yang lebih cerah dan satunya lagi foundation yang memiliki warna lebih gelap.

Dengan sedikit ilmu tentang cara-cara memberi shading pada bagian hidung, tulang pipi dan rahang, Anda bisa mengkamuflase bentuk wajah sesuai dengan keinginan Anda.

Shading pada area hidung

Shading di sekitar hidung bisa membantu memperbaiki bahkan menyempurnakan bentuk hidung yang kurang mancung, caranya adalah sebagai berikut:

READ:  4 Manfaat Telur Untuk Kulit Wajah

Pertama, oleskan alas bedak atau foundation pada seluruh wajah Anda secara merata. Setelah itu buat garis membentuk huruf V dengan sudut yang tidak menyatu, dari pangkal alis sampai cuping hidung.

Gunakan foundation berwarna lebih gelap dari kulit Anda. Usahakan untuk membuat jarak antar kedua garis selebar cuping hidung Anda, jangan terlalu lebar dan sempit karena hal tersebut akan memberi kesan hidung tidak seimbang, bisa terlalu besar atau sempit.

Ratakan dengan menggunakan jari Anda. Baurkan garis yang sudah dibuat ke arah samping hidung. Jangan sampai shading menyebar ke bagian pipi karena ini malah akan menyamarkan bentuk hidung Anda.

Setelah itu baru Anda bisa sempurnakan dengan mengaplikasikan bedak berwarna gelap dengan menggunakan kuas.

Shading pada area tulang pipi

Cheeckbone shading dilakukan untuk membuat pipi yang tembem terlihat lebih tirus ataukah untuk menonjolkan pipi indah yang Anda miliki.

Saat akan membuat shading pada area pipi, pertama buatlah bayangan menyerupai garis yang ditarik dari depan telinga ke arah depan pipi Anda.

READ:  6 Cara Alami Melembabkan Kulit Yang Sangat Kering

Baurkan ke arah atas dan bawah hingga menyerupai bentuk segitiga. Berikan jarak dua jari dari hidung Anda, kalau terlalu dekat hidung akan membuat kesan pipi terlalu cekung dan kurus.

Ratakan dengan jari Anda, usahakan warna shading berbaur sempurna karena kalau terlalu pekat maka justru akan terlihat seperti noda di wajah.

Shading pada area rahang

Bentuk wajah bulat dan persegi bisa terlihat lebih proporsional dengan membuat shading pada bagian rahang. Namun Anda harus hati-hati, kalau salah arah dan terlalu pekat, ini bisa membuat wajah Anda terlihat seperti segitiga terbalik.

Totolkan shading di bagian rahang, dilakukan dari depan telinga sampai ke bawah dagu. Setelah itu baurkan, namun beri jarak 2 atau 3 jari dari sudut bibir. Lanjutkan ke bagian yang mendekati leher dan ke arah dagu, tetapi jangan terlalu dekat karena bisa memberikan efek dagu yang terlalu runcing atau sharp chin.

Pada dasarnya merias wajah sama halnya dengan seni melukis. Wajah ibarat kertas polos yang kemudian Anda hiasi dengan make-up agar tampak lebih sempurna.