8 Cara Alami Sederhana Untuk Mengatasi Sakit Gigi

TERUSKAN.COM – Siapa saja yang telah merasakan penderitaan akibat sakit gigi pasti setuju bahwa hal tersebut merupakan salah satu rasa sakit yang paling mengerikan di dunia.

Sakit gigi terjadi ketika bagian tengah gigi Anda yang sangat sensitif mengalami radang. Alasannya bisa berbagai macam, mulai dari infeksi gigi atau bahkan gusi yang terinfeksi.

Jika rasa sakit yang dirasakan sudah tak tertahankan, hal terbaik yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah mengunjungi dokter gigi.

Loading...

Mengatasi Sakit Gigi

Akan tetapi bagaimana jika rasa sakit datang pada waktu tak menentu dan tidak memungkinkan Anda untuk mengunjungi dokter, seperti larut malam atau saat hari libur?

Berikut adalah daftar pengobatan dan penyembuhan cepat untuk sakit gigi yang dapat Anda lakukan di rumah:

1) Bawang Putih

Ketika sakit gigi menyerang Anda, segera cari siung bawang putih, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan sakit gigi dengan cepat. Anda cukup menempatkan bawang putih pada gigi yang terasa sakit. Mengunyah bawang putih setiap hari juga akan membantu memperkuat gigi Anda .

READ:  Kapan Waktu Tepat Memperkenalkan Sayur-sayuran Kepada Bayi?

2) Minyak Cengkeh

Berikan satu atau dua tetes minyak cengkeh pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas, hal ini cukup efektif untuk meringankan rasa sakit. Selain itu, minyak cengkeh memilki beberapa sifat antiseptik sehingga mampu mengurangi infeksi yang terjadi pada gigi dan gusi.

3) Es

Paket es adalah penyembuh yang hebat untuk masalah sakit gigi. Anda bisa membungkus es dengan handuk, lalu tempatkan pada pipi atau dagu Anda, bagian terdekat dengan gigi yang sakit. Diamkan selama 15 menit .

4) Air Hangat dan Garam

Cara lain yang dapat menyembuhkan sakit gigi lebih cepat adalah dengan mencampur sesendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumurlah menggunakan air tersebut.

5) Kantung Teh

Tanin yang terkandung dalam daun teh dapat membantu mematikan rasa sakit. Ambillah kantong teh bekas yang masih hangat, kemudian tempatkan dalam mulut Anda. Pastikan untuk tidak merobek kantong teh.

6) Mouthwash

Mouthwash atau cairan penyegar mulut mengandung alkohol yang akan membebaskan Anda dari rasa sakit. Jadi Anda juga bisa menggunakannya untuk pengobatan sakit gigi.

READ:  6 Cara Mudah Mencegah Kanker Kulit

7) Jeruk Nipis

Cairan jeruk nipis juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan sakit gigi dengan cepat. Siapkan jeruk nipis yang sesuai dengan suhu kamar, iris tipis lalu terapkan ada gigi yang sakit. Biarkan cairannya terserap oleh gigi. Selain jeruk nipis, Anda juga dapat menggunakan mentimun.

8) Baking Soda

Solusi pengobatan lain untuk sakit gigi adalah dengan penggunaan baking soda. Ambillah kapas secukupnya, basahi kapas dengan air lalu celupkan ke dalam baking soda. Terapkan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit.

**

Mengonsumsi minuman bersoda adalah salah satu penyebab yang membuat kondisi gigi memburuk. Maka dari itu bila Anda tidak bisa berhenti mengonsumsi minuman tersebut, cobalah menggunakan sedotan saat sedang meminumnya. Hal ini dapat mencegah kontak langsung antara minuman dengan gigi Anda.

Saran terbaik ialah, untuk selalu berhati-hati dalam mengambil serta memutuskan tindakan pencegahan yang tepat untuk menjaga gigi dan gusi Anda agar tetap sehat.

Pastikan untuk menyikat gigi Anda paling tidak dua kali sehari, untuk mencegah partikel makanan menempel dalam gigi Anda. Jangan mengekspos gigi Anda untuk makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

READ:  8 Cara Alami Menghilangkan Sakit Gigi

Selain itu, yang harus Anda ingat adalah bahwa pengobatan rumah terkadang tidak dapat menahan sakit dalam waktu yang lama, jika rasa sakit terus terasa, lebih baik untuk segera memeriksakan diri kepada dokter gigi.