Loading...

Ini Dia 3 Manfaat Lemak Baik Bagi Tubuh

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Kesehatan

Manfaat Lemak Baik Bagi TubuhSeperti kita ketahui bahwa lemak adalah kandungan pada makanan yang sering menjadi momok menyeramkan bagi para pria dan wanita yang mendambakan bentuk badan yang bagus.

Akan tetapi perlu disadari bahwa lemak adalah kandungan gizi yang memiliki mafaat bagi tubuh.

Sebagaimana dilansir livestrong.com, Lemak bukanlah sesuatu yang harus dihindari.

Loading...

Lemak sangat penting bagi pertumbuhan normal dan pengembangan tubuh. Lemak juga memberikan energi, melindungi organ-organ kita, memelihara membran sel, dan membantu tubuh menyerap nutrisi dan proses.

Bahkan lebih baik, membantu tubuh membakar lemak, kata ahli gizi dan owner dari Nutritious Life meal system, Keri Glassman, RD, yang merekomendasikan bahwa sekitar sepertiga dari program kalori dalam rencana penurunan berat badan berasal dari makanan dengan lemak.

Beberapa manfaat lainnya dari lemak adalah sebagai berikut:

1. Lemak Untuk Membakar Lemak

Tubuh membutuhkan tiga macronutrients untuk energi : karbohidrat, protein ,dan lemak. Satu gram lemak memiliki kandungan dua kali lipat energi bila dibandingkan karbohidrat dan protein.

” Bila Anda tidak memiliki lemak apapun dalam diet, Anda tidak memiliki bahan bakar untuk membakar kalori, ” kata Glassman.

Tubuh membutuhkan energi untuk menjaga metabolisme yang berfungsi dengan baik, dan dalm sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak bisa meningkatkan kesehatan metabolik.

Terlebih lagi , lemak lama yang disimpan dalam jaringan tubuh – sekitar perut, paha, atau bokong  -tidak bisa dibakar efisien tanpa lemak baru untuk membantu proses tersebut, menurut para peneliti di Washington university School of Medicine di St Louis.

Diet dengan lemak membantu memecah lemak yang sudah ada dengan mengaktifkan PPAR- alpha dan jalur pembakaran lemak melalui hati.

2. Lemak Menjaga Anda Tetap Kenyang

Lemak bukan merupakan nutrisi termudah untuk dicerna, sehingga lemak bertahan dalam sistem pencernaan untuk waktu lebih banyak dibandingkan nutrisi lainnya.

MUFA (monounsaturated fatty acids) atau asam lemak tak jenuh tunggal juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, menurut Mayo Clinic. Itu berarti Anda merasa kenyang lebih lama, dan Anda tidak akan merasakan dorongan perut keroncongan.

Bahkan, diet dengan jumlah tinggi asam lemak omega-3 (salah satu jenis MUFA) yang hanya dapat diperoleh tubuh melalui makanan, menciptakan rasa kenyang yang lebih besar daripada makanan dengan tingkat rendah asam lemak, menurut sebuah penelitian di tahun 2008 dari University of Navarra di Pamplona, Spanyol.

Tidaklah mengherankan bahwa pelaku diet yang mengonsumsi lemak dalam tingkat moderat lebih mungkin untuk tetap dengan rencana program makan mereka daripada diet yang mengonsumsi kadar rendah lemak. Sehingga akan lebih banyak berat badan berkurang.

3.  Lemak Membentuk Otot

“Mengonsumsi “lemak baik” diiringi dengan program latihan yang efektif dapat meningkatkan otot,” kata trainer dan owner Results Fitness, Rachel Cosgrove, CSCS, yang mencatat bahwa meningkatkan massa otot sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori baik di dalam dan di luar gym.

Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Science, peneliti meneliti efek dari delapan minggu suplementasi PUFA (polyunsaturated fatty acids) pada orang dewasa usia 25 sampai 45 dan menemukan bahwa lemak meningkatkan konsentrasi protein dan ukuran sel-sel otot dalam tubuh.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 merangsang sintesis protein otot pada orang dewasa yang lebih tua dan dapat memediasi kehilangan massa otot akibat penuaan.

(foto: womensdietnetwork.com)