Loading...

3 Cara Efektif Mengatasi Stres Dalam Bekerja

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Dunia Karir

Stres kerja adalah suatu hal yang normal dan dapat dikatakan bahwa stress adalah sutu hal yang positif. Namun, tidak dengan stres yang berlebihan yang dapat mengganggu produktivitas Anda dan mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional Anda. Dan kemampuan Anda dalam mengatasinya dapat mengarahkan anda pada keberhasilan atau pun kegagalan.

Anda tidak dapat mengontrol segala sesuatu di lingkungan kerja Anda, tapi itu tidak berarti Anda tidak berdaya-bahkan ketika Anda terjebak dalam situasi yang sulit.

Mengatasi Stres Dalam Bekerja

Loading...

Mencari cara untuk mengelola stres di tempat kerja bukan tentang membuat perubahan besar dalam karir Anda atau bahkan sampai anda berpikir ulang tentang ambisi karir Anda, melainkan tentang fokus pada satu hal yang selalu dalam kendali Anda yakni Anda sendiri.

Berikut tips  dan cara mengatasi stres dari helpguide.org:

1.  Mengurangi stres kerja dengan merawat diri sendiri

Ketika stres di tempat kerja mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan, mengelola kehidupan pribadi, atau bahkan sampai berdampak buruk terhadap kesehatan Anda, saatnya untuk mengambil tindakan. Mulailah dengan memperhatikan kesehatan fisik dan emosional Anda.

Ketika diri Anda sendiri telah Anda rawat , Anda akan lebih kuat dan lebih tahan terhadap stres. Semakin baik Anda merasa, semakin baik Anda dalam mengelola stres kerja tanpa menjadi kewalahan.

Merawat diri sendiri tidak memerlukan perbaikan gaya hidup keseluruhan. Bahkan hal-hal kecil dapat mengangkat suasana hati Anda, meningkatkan energi Anda, dan membuat Anda merasa seperti Anda dalam kendali. Lakukanlah hal-hal simpel pada satu waktu, dan ketika Anda membuat pilihan gaya hidup yang lebih positif,

Anda akan segera melihat penurunan tingkat stres Anda, baik di rumah maupun di tempat kerja. Solusi simpel tersebut misalnya: gerakkan badan Anda (dengan olahraga), berhati-hati dalam pemilihan makanan, hindari alkohol dan nikotin, tidur cukup, dan carilah support dari teman-teman dan keluarga Anda.

2.  Mengurangi stres kerja dengan melakukan prioritas dan pengaturan

Ketika stres pekerjaan menerpa Anda, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan kembali kontrol atas diri sendiri dan juga atas situasi. Kemampuan Anda untuk mempertahankan kontrol diri dalam situasi stres akan sangat diterima dengan baik oleh rekan kerja, manajer, dan bawahan Anda, dan dapat menyebabkan hubungan yang lebih baik di tempat kerja.

Beberapa saran untuk mengurangi stres kerja dengan memprioritaskan dan mengatur tanggung jawab Anda misalnya: melakukan manajemen waktu (membuat jadwal yang berimbang antara kerja dan keluarga, jangan membuat jadwal yang terlalu menguras tenaga Anda,

Cobalah berangkat dengan lebih pagi, dan rencanakan rehat secara reguler) dan manajemen tugas (buat priotitas tugas, pecah tugas manjadi langkah-langkah kecil, dan delegasikan tanggungjawab).

3.  Mengurangi stres kerja dengan meningkatkan kecerdasan emosional

Jika Anda berada dalam pekerjaan di mana lingkungan telah tumbuh semakin stres, Anda bahkan dapat mempertahankan dan mengembangkan kontrol diri dan kepercayaan diri Anda dengan memahami dan melatih kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengelola dan menggunakan emosi Anda dengan cara yang positif dan konstruktif.

Kecerdasan emosional seperti halnya kemampuan intelektual juga bermanfaat untuk kepuasan dan keberhasilan di tempat kerja. Kecerdasan emosional adalah tentang berkomunikasi dengan orang lain dalam cara yang menarik orang kepada Anda, mengatasi perbedaan, perasaan perbaikan terluka, dan meredakan ketegangan dan stres.

Kecerdasan emosional di tempat kerja memiliki empat komponen utama:

  • Kesadaran diri – Kemampuan untuk mengenali emosi dan dampaknya saat menggunakan insting untuk menuntun keputusan Anda.
  • Manajemen Diri – Kemampuan untuk mengendalikan emosi dan perilaku dan beradaptasi dengan perubahan keadaan.
  • Kesadaran sosial – Kemampuan untuk merasakan, memahami, dan bereaksi terhadap emosi orang lain dan merasa nyaman secara sosial.
  • Hubungan manajemen – Kemampuan untuk menginspirasi, pengaruh, dan terhubung dengan orang lain dan mengelola konflik.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi stres dalam kerja. Stres adalah penting dalam perkembangan diri kita. Akan tetapi tidak dengan stres yang berlebihan. Oleh sebab itu, kendalikan stres Anda. Semoga bermanfaat !

(foto: wholescience.net)