Loading...

Daun Ungu, Herbal Bermanfaat dalam Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Kesehatan

Wasir atau ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat mengganggu atau bahkan menyiksa Anda ketika melakukan berbagia aktivitas sehari-hari terutama jika wasir berakibat hingga pendarahan. Oleh sebab itu perlu kita kenali terlebih dahulu mengenai wasir itu sendiri.

Sebagaimana dilansir dari letsgohealthy.blogspot.com, banyak orang mencari cara untuk menyingkirkan wasir. Wasir adalah pembuluh darah bengkak dan meradang dalam anus dan rektum.

Daun Ungu

Loading...

Wasir dapat terjadi akibat dari mengejan saat buang air besar atau dari meningkatnya tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan. Wasir mungkin berlokasi di rektum (wasir internal), atau mungkin berkembang di bawah kulit di sekitar anus (wasir luar).

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan wasir meliputi: mengejan saat buang air besar, duduk untuk waktu yang lama di toilet, diare kronis atau sembelit, kegemukan (obesitas), dan kehamilan.  Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan vena rektum menjadi wasir termasuk faktor genetik atau keturunan.

Gejala Wasir

Tanda dan gejala wasir meliputi: rasa sakit disertai dengan pendarahan saat buang air besar sehingga penderita mungkin akan melihat sedikit darah segar di lubang toilet, gatal atau iritasi daerah anal, nyeri atau ketidaknyamanan, pembengkakan di sekitar anus, benjolan di dekat anus, yang mungkin sensitif dan sakit

Gejala hemoroid (wasir) biasanya tergantung pada lokasi. Wasir internal berada di dalam rektum. Pasien biasanya tidak dapat melihat atau merasakan wasir ini, dan biasanya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi tekanan atau iritasi saat buang air besar dapat merusak permukaan halus dan menyebabkan wasir berdarah.

Wasir eksternal berada di bawah kulit di sekitar anus. Ketika terjadi iritasi, wasir eksternal dapat menjadi gatal atau berdarah. Kadang-kadang darah dapat terjadi dalam wasir eksternal dan membentuk gumpalan (trombus), yang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa, pembengkakan, dan peradangan.

Dalam letsgohealthy.blogspot.com, dijelaskan mengenai cara mengobati wasir dan salah satunya adalah dengan menggunakan obat alami berbasis daun ungu (Graptophyllum pictum) terhadap wasir.

Saponin, alkaloid, glikosida dan zat lain yang terkandung dalam daun ungu dapat menghambat peradangan wasir dan membantu proses pencernaan yang membuat tinja lunak. Efek anti-inflamasi saponin cukup kuat untuk mengatasi bahkan wasir parah.

Daun Ungu Solusi Wasir

Sebagaimana dilansir liveandfeel.com, Daun ungu (Graptophyllum pictum) adalah semak cemara yang termasuk dalam genus Graptophyllum, bagian dari keluarga Acanthaceae. Ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara, tumbuh terutama di India.

Daun Ungu mungkin tidak memiliki daftar manfaat kesehatan  yang panjang, namun tumbuhan ini masih cukup penting.

Pertama, daun ungu terbukti sangat berguna dalam mengobati wasir. Sebagai tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi, yang berkhasiat dalam membantu mengobati pembengkakan yang biasanya ditemukan baik di luar dan di dalam anus. Gejala umum (nyeri, perdarahan) mulai menghilang setelah seminggu pengobatan dan konsumsi rutin selama dua bulan terikat untuk menyingkirkan masalah wasir.

Tanaman ini juga bisa bekerja sebagai analgesik, karena kandungan alkaloid-nya. Konsumsi secara teratur Graptophyllum pictum dapat mengurangi dan mencegah berbagai jenis nyeri. Hal ini juga dapat membantu dengan masalah menopause.

Tanaman ini juga dapat membantu Anda menjaga gigi Anda sehat. Hal ini dikarenakan tanaman ini berfungsi mencegah bakteri dan jamur pada gigi dan juga membantu mencegah munculnya plak. Hal ini juga berguna untuk sanitasi gigi palsu.

(Foto: flickr.com by Gardening in A Minute)