Loading...

5 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Terbaik

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Kesehatan

Hampir semua dari kita sudah makanan apa saja yang kaya akan antioksidan dan manfaatnya untuk kesehatan yang optimal dan kesejahteraan.

Tapi apakah definisi antioksidan itu?

Menurut definisi, antioksidan seperti vitamin A dan C adalah zat yang dapat membantu mencegah efek dari kerusakan radikal bebas dalam tubuh. Dengan kata lain, antioksidan dapat menetralisir proses oksidasi dan kerusakan sel yang memberikan kontribusi untuk penuaan dan penyakit.

Loading...

Makanan dengan Kandungan Antioksidan Terbaik

Beberapa makanan yang sangat tinggi akan kandungan antioksidan. Sebagaimana Dr. Joey Shulman sarankan dalam canadianliving.com, bahwa mengonsumsi makanan ini secara teratur untuk melawan tanda-tanda penuaan dan membantu mencegah – dan bahkan melawan – berbagai proses penyakit seperti kanker dan penyakit jantung, ditambah mengurangi tekanan darah.

Berikut adalah 5 jenis makanan dengan kandungan antioksidan terbaik:

1 . Berries

Selain nikmat dan juga manis, berry seperti raspberry, blueberry dan stroberi menawarkan banyak kapasitas antioksidan. Blueberry, raspberry dan blackberry yang kaya proanthocyanidins, antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Makanlah berries saat beku dalam smoothie pagi, masukkan segenggam dalam yogurt pagi atau sereal Anda, ataupun juga Anda dapat menikmatinya sebagai snack sore.

2 . Brokoli

Brokoli pasti meraih medali emas untuk predikat sayuran bergizi. Sayuran ini mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk dan memiliki lebih banyak kalsium daripada segelas susu. Selain mineral dan vitamin, brokoli juga memiliki kandungan zat kimia pembasmi penyakit yang disebut fitonutrien. Sulforaphane, sebuah phytonutrisi yang ditemukan dalam brokoli, telah terbukti dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Anda dapat menikmatinya dengan cara mengkukus atau merebus dipadukan dengan bumbu, kemangi, lemon atau salsa untuk lauk yang lezat. Sayur pembangkit tenaga ini adalah tambahan yang sempurna untuk omelettes, salad atau tumisan.

3 . Bawang Putih

Bawang putih digunakan di seluruh dunia sebagai bumbu yang lezat untuk hidangan apapun. Manfaat kesehatan dari bawang putih telah dipuji selama berabad-abad, dan bawang putih mentah telah digunakan sebagai antibiotik alami untuk membunuh beberapa bakteri berbahaya.

Bawang putih juga berguna untuk mengurangi tekanan darah dan kolesterol, menghilangkan logam berat dari tubuh, mencegah kanker dan bertindak sebagai antijamur dan agen antivirus. Satu siung bawang putih mengandung vitamin A, B, dan C, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium, seng dan magnesium.

4 . Teh Hijau

Teh hijau mengandung konsentrasi tinggi polifenol katekin. Senyawa ini bekerja dalam tubuh dengan bahan kimia lainnya untuk meningkatkan tingkat oksidasi lemak dan thermogenesis (kondisi dalam tubuh yang terjadi akibat membakar lemak sebagai bahan bakar).

Rata-rata, Anda harus mencoba untuk mengkonsumsi minimal tiga cangkir teh hijau per hari untuk efek penurunan berat badan. Teh hijau juga telah terbukti dalam pencegahan terhadap kanker, penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

5 . Tomat

Tomat sejauh ini merupakan sumber terkaya dari agen antikanker yang kuat yang disebut lycopene. Bahkan, penelitian telah menunjukkan lycopene merupakan agen pelawan penyakit yang lebih kuat dibandingkan vitamin E dan beta karoten. Lycopene membutuhkan lemak untuk penyerapan optimal terjadi.

Oleh karena itu, menempatkan minyak zaitun lemak sehat dalam saus spaghetti Anda adalah trik yang sangat baik untuk meningkatkan kadar lycopene Anda. Mulailah untuk memasukan lebih banyak tomat dalam diet Anda baik dalam bentuk irisan, utuh, kaleng, direbus atau juga saos/pasta tomat.

***

Selain daftar di atas, Dr. Joey Shulman juga menyarankan anggur merah, bayam, wortel dan biji-bijian yang juga menawarkan kandungan antioksidan yang berlimpah.

(foto: milliyet.com.tr)