5 Tren SEO yang Penting Bagi Entrepreneur di Tahun 2014

Entrepreneur “Benarkah SEO telah usang?” Itulah pertanyaan yang umum beredar dalam dunia online marketing saat ini.

Jika Anda seorang entrepreneur yang bergantung pada kuatnya kehadiran online untuk terhubung dengan pelanggan, Anda layak memperhatikan hal ini.

Tak terbantahkan lagi bahwa lanskap SEO tengah berubah. Demikian tulis Jayson DeMers, CEO dan pendiri Audience Bloom, sebagaimana dilansir dalam Entrepreneur, Selasa (21/01/14).

Loading...

Sebagai contoh, Google yang mengambil pendekatan tegas. Taktik membangun link yang curang, kuallitas konten yang buruk dan desain yang jelek hanya salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya website dipenalti. Jadi apa yang berhasil untuk bisnis Anda di masa lalu mungkin tak lagi berfungsi, malahan, ia dapat mencederai bisnis Anda sekarang.

Saat ini, strategi SEO yang sukses harus menggabungkan beragam komponen yang meliputi membangun brand/ merek, optimisasi mobile, content marketing dan integrasi media sosial. Sekaranglah waktunya menyesuaikan strategi Anda untuk menyikapi kenyataan ini.

Berikut sekilas lebih dekat dengan lima tren yang dapat membentuk kesuksesan SEO Anda di tahun 2014:

1. SEO yang efektif memiliki tiga pilar

Strategi SEO yang mantap memiliki tiga komponen: link, konten, dan media sosial. Relasi di antara elemen-elemen ini merupakan hal yang semakin dipertegas tahun lalu.  Konten mesti terfokus penuh pada kebutuhan audiens dan terasah untuk membawa tindakan spesifik dalam mendatangkan profit.

READ:  Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Internet

Media sosial memperkuat jangkauan Anda, memberi sinyal kepada perangkat pencari bahwa pengguna menemui konten Anda bernilai. Link dari situs berkualitas tinggi juga memperkuat bukti bahwa situs Anda solid dan terpercaya. Siklus yang murni mulai bermunculan dimana semuanya bermula dari konten tulisan yang hebat.

2. Bangkitnya content marketing mengarah pada “kematangan digital”

Content marketing merupakan kata marketing yang banyak didengungkan di tahun 2013, dan merupakan tren yang bakal bertahan. Brand perlu semakin canggih dalam menceritakan kisahnya sendiri dan membuat konten yang beresonasi dengan audiensnya.

Saat kekaguman awal terhadap content marketing memudar, pemasar mulai menuntut pengembalian investasi atau ROI (return of investment). Content marketing semakin matang dan sebagai dampaknya kita dapat mengarahkan target konten secara efektif, mengukur performa, dan memperbaikinya untuk meningkatkan hasil.

3. Optimisasi mobile bukan lagi pilihan

Dengan rilis update Google Hummingbird, semakin sulit bagi situs tanpa strategi mobile mendapati peringkat yang baik. Hal ini meliputi baik desain responsif dan strategi konten mobile.

READ:  5 Strategi Memulai Usaha Baru

Secara realistis, inilah saatnya berinvestasi pada hal ini dari perspektif bisnis. Desain responsif memastikan situs Anda terlihat bagus melintasi beragam perangkat mobile. Strategi konten mobile mengarahkan target konten kepada konteks, kebutuhan, serta perilaku penggunaa mobile.

4. Membangun brand lebih penting dibandingkan membangun link

Brand yang kuat memainkan peranan yang semakin penting dalam SEO. Salah satu bukti nyata ada pada bagian pendahuluan di Google dan penekanan Google Authorship, sebuah program yang menyambungkan konten kepada profil penulis dimana konten penulis yang dikenali berkinera lebih baik dalam hasil perangkat pencarian.

Membangun kepemimpinan brand dan pemikiran dalam lingkup Anda merupakan langkah penting untuk berperingkat baik seiring waktu.

5. Media sosial, khususnya Google Plus, memainkan peranan tak terpisahkan dengan SEO

Google semakin bergantung pada sinyal manusia lebih dari yang pernah ada sebelumnya dalam bentuk share dan mention pada media sosial untuk membantu menilai situs. Jika Anda tidak memiliki kehadiran marketing media sosial yang kuat serta strategi yang memudahkan orang berbagi konten, inilah waktu yang tepat mengimplementasikannya.

READ:  Tips Jitu Bisnis Jasa Les Privat Bagi Mahasiswa

Media sosial telah berkembang pada titik dimana persinggungannya dengan SEO membantu menentukan peringkat pencarian. Dua tempat yang mudah untuk memulainya adalah mengembangkan kehadiran Anda di Google Plus serta memastikan bahwa website dan blog Anda memiliki modul berbagi konten yang telah terpasang.

Saat Anda mengembangkan rencana SEO perusahaan, ingatlah bahwa semua tren ini berujung pada dua hal: integrasi dan keseimbangan. Berinvestasilah pada seluruh area kunci ini – dari menulis konten yang baik, membangun link dan mengembangkan platform sosial Anda – dengan pemahaman bahwa mereka saling melengkapi satu sama lain.

Sesuaikan rencana Anda dengan mengenali celah dan peluang dalam perusahaan, dan fokus pada saluran/ channel yang akan membawa Anda lebih dekat kepada audiens. Peringkat perangkat pencairan yang baik akan mengikuti dengan sendirinya.

(foto: frankvsmith.com)