7 Makanan Kaya Protein Untuk Membangun Otot

Untuk membangun otot yang sehat, sangat penting bagi Anda untuk memiliki diet protein terbaik. Jumlah protein yang dibutuhkan setiap hari tergantung pada asupan kalori Anda dan tingkat aktivitas Anda.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi Anda untuk memeriksakan atau mengonsultasikan dengan dokter Anda untuk tahu persis berapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga otot yang kuat dan sehat. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui makanan apa saja yang kaya akan protein.

Makanan Kaya Protein

Loading...

Berikut dilansir dari fitday.com, beberapa makanan kaya protein yang harus menjadi bagian dari diet Anda:

1.  Telur

Telur adalah sumber protein favorit, karena mengandung 6 gr protein per ons. Sebagian besar protein terletak dalam putih telur.

Sambil mengonsumsi telur setiap hari, Anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, keju dan bahan makanan lain yang sejenis seperti itu.

2.  Kalkun dan Ayam

Ayam dan kalkun keduanya mengandung jumlah protein yang lebih tinggi dari dan lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan daging merah. Satu ons kalkun dan dada ayam mengandung protein sebesar 9 gr.

READ:  6 Manfaat Manis si Pahit Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kedua makanan ini adalah sumber yang kaya vitamin B, fosfor dan tryptophan. Tingginya tingkat protein membuat kedua unggas pilihan ini merupakan pilihan yang lebih baik dan lebih sehat.

3.  Ikan

Ikan merupakan sumber protein lain yang harus Anda pertimbangkan. Ini harus menjadi bagian rutin dari diet Anda  Ikan tidak mengandung karbohidrat dan sedikit kandungan lemak jenuh. Ikan sarden trout dan salmon adalah varietas teratas untuk dijadikan sebagai makanansehat. Ikan memiliki protein 6 gr per ons dan juga tinggi asam lemak Omega – 3.

Ikan lebih mudah dicerna daripada daging sapi yag juga sumber protein. Masalah utama dengan ikan adalah bahwa terdapat kemungkinan tinggi merkuri, American Heart Association telah merekomendasikan bahwa ikan harus dimakan hanya dua kali, dan tidak lebih dari tiga sampai empat kali, per minggu.

4.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah camilan yang terbaik karena mengandung protein berkualitas dan lemak baik. Selai kacang, kacang tanah dan almond memiliki kandungan yang tinggi protein.

READ:  9 Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka Kuning

Almond dan kacang tanah masing – masing mengandung 8 gr dan 9 gr protein per ¼ cangkir .

5.  Keju Cottage

Jumlah protein dalam keju cottage berbeda, tergantung pada merek. ¼  cangkir keju cottage mengandung sekitar 7 gr protein.

Pastikan bahwa Anda memeriksa label sebelum membeli keju cottage. Adalah bijaksana untuk membeli keju yang terbuat dari susu rendah lemak atau skim. Selain itu, Anda juga dapat membuat keju di rumah .

6.  Whey Protein

Whey protein sangat baik untuk dikonsumsi sebelum dan setelah latihan berat, karena tubuh menyerap nutrisi ini dengan cepat.

Ini adalah sumber terbaik dari protein dan memiliki nilai biologis tertinggi. Whey adalah sumber yang kaya asam amino rantai cabang ( BCAA ) .

7.  Susu Rendah Lemak dan Susu Cokelat

Susu adalah kombinasi besar protein whey dan kasein. Oleh sebab itu sangat baik bagi Anda untuk mengkonsumsi susu rendah lemak sebanyak mungkin.

Cokelat susu dapat menjadi minuman sumber protein yang terbaik setelah latihan, karena mengandung semua komponen yang diperlukan yang diperlukan oleh tubuh Anda setelah latihan berat. Susu memiliki kandungan air yang tinggi yang mencegah dehidrasi.

***

Diet Anda harus berisi makanan berprotein tinggi jika Anda ingin mengembangkan otot dan membangun tubuh Anda. Namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan latihan dan juga olahraga yang memadai. Olahraga dan asupan makanan adalah dua hal yang tidak terpisahkan, jadi Anda harus memperhatikan keduanya.

(foto: reviewanaboliccooking.blogspot.com)