10 Tips Latihan Kardio Efektif Jadikan Jantung Anda Sehat

Menjadikan latihan cardio bagian dari latihan Anda adalah cara yang pasti untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan. Tapi Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam di atas treadmill atau trail untuk mencapai hasil.

Sebaliknya, gunakan tips Joe Vennare dari fitday.com berikut ini untuk latihan cardio yang efektif dalam membakar kalori dan lemak.

 Tips Latihan Kardio

Loading...

1 . Meningkatkan Incline

Alih-alih berjalan di jalan datar atau treadmill, Anda dapat latihan dengan menaiki bukit atau menaikkan Incline. Latihan cardio di medan menanjak akan mempercepat denyut jantung Anda dan meningkatkan pembakaran kalori.

Beberapa manfaat tambahan lainnya yang dapat Anda peroleh termasuk peningkatan kekuatan kaki, kekuatan berlari dan kecepatan sprint.

2 . Hands Free

Bila menggunakan sebuah peralatan cardio sebaiknya Anda tidak memegang pada pegangan yang ada. Anda cukup melepaskan tangan dan ayunkan lengan ke depan dan belakang, bukan mengitari seluruh tubuh (yang akan mengurangi efektivitas latihan).

3 . The Great Outdoors

Jika memungkinkan, Anda patut mempertimbangkan untuk latihan ke luar sehingga dapat menambah variasi dan tantangan baru serta menjadikan rutinitas latihan tidak lagi membosankan.

READ:  5 Resep Hot Cocoa Sehat

Bersepeda gunung di permukaan yang menanjak dapat meningkatkan tingkat ke-atletis-an dan juga keseimbangan. Dan juga fungsi yang tidak kalah pentingnya yakni untuk menstabilkan otot dapat Anda peroleh.

4 . Berhenti dan Jalan

Gunakan latihan interval untuk meningkatkan intensitas latihan dan memaksimalkan hasil. Gunakan interval periode di mana Anda mengeluarkan upaya “habis-habisan” dengan periode usaha “rendah” atau istirahat secara bergantian.

Cobalah berlari 100 meter dan kemudian berjalan atau jogging kembali ke garis start sebelum mengulangi sprint . Delapan sampai 10 sprint adalah cukup diperlukan untuk memperoleh latihan yang maksimal.

5 . Ayunkan

Cobalah pelatihan kettlebell untuk latihan yang menyediakan manfaat cardio dan kekuatan. Gunakan ayunan dua tangan kettlebell untuk meningkatkan efisiensi paru-paru dan detak jantung maksimum di sebagian waktu metode pelatihan tradisional.

6 . More Work, Less Rest

Pilih enam sampai delapan latihan berat badan, latihan ketahanan dan gerakan berbasis cardio untuk digunakan sebagai bagian dari sirkuit latihan berbasis up- tempo. Lakukan latihan pertama, dan kemudian pindah ke latihan berikutnya. Ulangi setiap latihan sebelum beristirahat selama satu sampai dua menit pada akhir rangkaian.

READ:  4 Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung

7 . Pantau Langkah Anda

Gunakan aplikasi ponsel pintar (seperti FitDay), pemantau denyut jantung atau GPS untuk merekam jarak, kecepatan dan kalori yang terbakar. Pelacakan semua variabel ini membantu meningkatkan motivasi dan mempromosikan kemajuan.

8 . Jadikan Menyenangkan

Hal ini bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mendengarkan musik selama latihan. Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan kinerja dengan meningkatkan motivasi dan mengurangi kelelahan.

Dengarkan musik dengan irama dan tempo up-beat dan cepat untuk menjaga tingkat energi tinggi sepanjang latihan.

9 . Buddy System

Latihan dengan mitra pelatihan atau sekelompok teman-teman untuk membuat seluruh pengalaman olahraga  menjadi lebih menyenangkan.

Dengan adanya mitra latihan maka Anda dapat menjadi lebih bertanggung jawab kepada orang lain dalam hal target latihan dan juga akan berfungsi sebagai motivasi dan mencegah target latihan tidak tercapai.

10 . Jadilah Konsisten

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil dari latihan cardio adalah untuk menciptakan rutinitas dan menaatinya. Entah itu dilakukan di pagi hari, saat makan siang atau setelah bekerja, tubuh akan beradaptasi dengan pelatihan setiap saat sepanjang hari.

READ:  10 Manfaat Menakjubkan Buah Markisa

Jadilah konsisten dan latihan secara konsisten dan tujuan kebugaran Anda akan dapat diraih.

(foto: blog.movingcost.com)