Yuk Menjadi Smarter Shopper dengan 6 Tips Berikut!

Tak dapat dipungkiri, kaum wanita sangat gemar berbelanja. Tak salah jika shopping merupakan salah satu hobi terbanyak yang dipilih kaum wanita.

Berbelanja memang mengasyikkan, memilih barang yang ingin dibeli ataupun melihat-lihat barang saja (window shopping) tetap menjadi kegiatan favorit para wanita.

Berbelanja Secara Cermat dan Cerdas

Loading...

Namun asyiknya berbelanja sering membuat wanita lupa diri karena berbelanja barang yang sebenarnya mereka tidak perlukan, atau menghabiskan terlalu banyak uang untuk barang yang itu-itu saja.

Mungkin anda telah mengenal istilah smart shopping atau berbelanja secara cermat. Belanja dengan pintar diartikan kita berbelanja secara bijaksana dan tidak melebih-lebihkan kegiatan ini, sehingga besar pasak daripada tiang.

Namun ada juga smarter shopping alias berbelanja yang lebih cermat dan pintar, dengan menjalankan beberapa tips sebagai berikut.

1. Periksa Isi Lemari Pakaian

Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan atau toko untuk berbelanja, amati dulu isi lemari anda dan perhatikan komposisi warna dan potongan mayoritas yang anda miliki.

Jika sebagian besar pakaian anda berwarna gelap, itu artinya sebaiknya anda membeli koleksi dengan warna-warna yang lebih ‘berwarna’ dan cerah, begitu pula sebaliknya,

READ:  6 Trik Pemilik Toko Agar Pembeli Belanja Banyak

Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk warna, namun juga model atau potongan busana. Hal ini dimaksudkan agar gaya berbusana anda tidak monoton dan agar anda cermat untuk membeli busana dengan model yang berbeda dan tidak sama.

Jika anda telah banyak memiliki bawahan atau atasan saja, anda dapat membeli busana ‘pendukung’ atau pelengkap lainnya seperti syal, cardigan, dan lain sebagainya.

2. Lakukan Observasi Tren Terlebih Dahulu

Rajin-rajinlah membaca majalah wanita atau mengikuti berita tentang fashion di berbagai situs online. Namun janganlah terburu-buru membeli busana yang sedang ‘in’ saja, namun juga yang kira-kira dapat tetap digunakan jangka panjang.

Hal ini untuk menghindari anda membeli busana yang merupakan tren sesaat, hingga akhirnya cepat berakhir di lemari pakaian saja.

3. Sediakan Waktu Khusus Untuk Berbelanja

Jika anda sedang membutuhkan sesuatu, jangan tergesa-gesa untuk membelinya hari itu juga, apalagi sepatu. Jadikan berbelanja busana, aksesori dan yang lainnya ke dalam jadwal rutin anda, misalnya sebulan sekali pada saat weekend. 

Jadwal belanja yang terencana seperti itu akan membuat belanja semakin santai, jauh dari tekanan, ekonomis dan anda akan mendapatkan barang yang tepat.

READ:  Hal yang Mesti Anda Perhatikan Saat Berbelanja Online

4. Berbelanja Seorang Diri

Pergi belanja seorang diri sebenarnya merupakan cara yang paling tepat untuk mendapatkan barang yang sesuai, karena anda tak akan terganggu oleh pendapat atau pengaruh lain.

Coba anda perhatikan, sering wanita yang berbelanja bersama kerabat-kerabatnya akhirnya membeli barang lebih dari yang ia rencanakan. Kecuali jika anda membutuhkan pendapat orang lain, anda dapat membawa serta pacar, kerabat atau anggota keluarga.

5. Jangan Bayar sebelum Masuk ke Kamar Pas

Dalam berbelanja produk-produk fashion, sangat disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu. Lakukan fitting dengan cermat tidak hanya dengan gerakan berdiri, namun juga duduk, jongkok dan berjalan.

Periksan kembali kancing, kualitas jahitan, resleting dan yang lainnya sehingga anda tidak harus repot jika ternyata brang tidak berfungsi dengan baik.

6. Bawa Perlengkapan

Saat membeli tas misalnya, pastikan tas tersebut cukup dengan barang-barang yang biasanya anda bawa. Untuk memudahkan mencoba sepatu, pakailah sepatu maupun sandal yang praktis untuk dilepaskan agar anda nyaman mencoba sepatu berkali-kali.

READ:  Hindari Penggunaan Kosmetik Ini Selama Kehamilan!

***

Itulah 6 tips berbelanja yang lebih cermat. Tetap utamakan kebutuhan anda dan happy shopping!

(foto : genevieveng.com)