Hemat Paket Data Smartphone dengan Update TerbaruChrome for Mobile

Baru-baru ini, Google mengumumkan perubahan terbaru pada browser-nya dengan tambahan fitur untuk Chrome for Mobile.

Sebagaimana dilansir dalam Google Chrome Blog, Rabu (15/01/14), perubahan ini ditujukan untuk memudahkan kita dalam mengakses beragam konten terbaik di web saat berada di beragam tempat.

Google Chrome mulai dilengkapi dengan kompresi data, translasi, dan shortcut. Kompresi berlaku untuk Android dan iOS, untuk translasi sebelumnya hanya tersedia untuk versi desktop & Android kini dapat pula dirasakan oleh pengguna iOS, kemudian untuk shortcut, baru tersedia untuk Android.

Loading...

Google Chrome Mobile

Untuk lebih jelasnya, simak bahasan berikut.

Kompresi data untuk Android dan iOS

Di Amerika Serikat saja, seperlima orang dewasa pengguna smartphone paling banyak melakukan aktivitas browsing-nya melalui perangkat mobile. Di seluruh dunia, terdapat kecenderungan yang serupa untuk lebih sering menggunakan perangkat mobile.

Itulah mengapa Google menambahkan fitur baru dalam Chrome for Mobile untuk mengurangi penggunaan data dan menghemat paket langganan internet.

Saat diaktifkan, kompresi data dan manajemen bandwidth pada Chrome dapat mengurangi penggunaan data hingga 50 persen saat browsing menggunakan Chrome di Android dan iOS. Fitur ini juga memiliki teknologi Chrome SafeBrowsing yang melindungi dari halaman web yang berbahaya

Untuk mulai menghemat data dan memperoleh keamanan lebih, tekan “Settings” > “Bandwidth management” > “Reduce data usage.” Kemudian mudah saja ubah tombolnya menjadi “On.”

READ:  Tips Untuk Memilih Kamera Digital

Dari menu ini Anda juga bisa memantau seberapa banyak bandwith yang dihemat setiap bulannya selama menggunakan Chrome.

Translasi untuk iOS

Kesulitan dengan artikel berbahasa Inggris? Jangan khawatir, Google Chrome iOS per tanggal 27 Januari lalu telah mampu menerjemahkan halaman web dalam Chrome dengan mengklik satu tombol pada iPhone dan iPad sebagaimana penggunaan Chrome untuk desktop dan Android.

Untuk menerjemahkan sebuah halaman sesuai bahasa kita, cukup cari bar translasi dan pilih “Translate.”

Frederic Lardinois dari Tech Crunch menyatakan bahwa pada update ini, Google juga mulai memasang halaman tab baru yang telah di-update yang ditujukan untuk “pencarian lebih cepat dan mudah.”

Sejauh pengamatannya, Google bakal menambahkan bar Google Search-nya yang terkenal dengan halaman tab baru, bersama dengan daftar situs yang paling sering dikunjungi, dan daftar tab yang baru saja ditutup hingga mudah diakses kembali jika Anda mau. Google mengatakan bahwa update ini masih dikembangkan dan baru tersedia di iPhone.

Shortcut Aplikasi pada Android

Update terakhir, yakni Chrome for Android memungkinkan Anda membuat shortcut/ jalan pintas halaman situs favorit tepat di layar utama untuk akses lebih cepat dan mudah.

READ:  PlayStation 4 Siap Menyetrum Pecinta Game

Saat mengunjungi situs yang ingin disimpan, cukup pillih “Add to homescreen” dari menu toolbar. Maka tiap kali Anda ingin membuka website tersimpan, sentuh icon pada layar utama. Bagi beberapa situs, shortcut akan terbuka dalam mode layar penuh dan muncul sebagai aplikasi terpisah dalam Android app Switcher.

**

Kini, update Chrome for Mobile ini telah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

(foto: engadget.com)