Loading...

10 Fakta Tentang Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Penulis: Rin Rubrik: Kesehatan

Diabetes bisa dibilang menjadi salah satu penyakit terbanyak yang diderita oleh penduduk dunia. Sejumlah pemicu di antaranya gaya hidup yang tidak sehat, gula buatan dan tingginya kalori.

Diabetes menjadi lebih berbahaya karena bisa mengembangkan berbagai penyakit lain, seperti penyakit jantung, kegemukan dan buta.

Diabetes

Loading...

Dilansir dari Listverse.com, ada 10 fakta diabetes yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Amputasi

Ini menjadi mimpi buruk yang menakutkan bagi para penderita diabetes. Itu karena diabetes bisa memicu kerusakan pembuluh darag pada saraf. Bagian tubuh merasa nyeri, kesemutan dan mati, biasanya terjadi pada kaki.

Penderita mengalami penyakit arteri perifer yang membuat peredaran darah ke kaki tidak lancar sehingga luka berkembang menjadi infeksi. Asupan darah yang kurang membuat infeksi tidak bisa dilawan oleh tubuh. Kaki pun membusuk dan harus diamputasi. Ada 65.700 kasus amputasi karena diabetes di AS pada tahun 2006 lalu. Serem.

2. Koma

Ada dua kemungkinan yang menimpa para diabetes, yakni hiperlikemia (kadar gula terlalu tinggi) dan hipoglikemia (kadar gula terlalu rendah). Jika salah satunya terjadi maka penderita bisa pingsan bahkan koma.

3. Diet

Bagi penderita diabetes, jagalah diet dan pola makan Anda. Hindari gula buatan yang bisa memperburuk keadaan liver dan pankreas. Jika dua organ tubuh ini rusak, maka insulin tak bisa diproduksi sehingga tak ada enzim di dalam tubuh yang mampu memecah gula darah.

4. Ragam Diabetes

Ada tiga jenis diabetes, yakni tipe 1, tipe 2 dan gestational. Diabetes tipe 1 dianggap diabetes yang paling berbahaya karena disebabkan oleh faktor genetik. Jika anggota keluarga Anda ada yang terkena diabetes, berhati-hatilah.

Sementara, diabetes tipe 2 berkembang karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti stres, kurang berolahraga, junk food, kebanyakan makan, gula buatan dan sebagainya. Diabetes gestitional biasanya terdapat apada wanita hamil, penyakit ini sembuh setelah bayi dilahirkan.

Kini penyakit Alzheimer juga tergolong menjadi salah satu tipe diabetes, karena penyakit ini muncul bersamaan dengan resisten si insulin. Selain itu, mereka yang menderita diabetes rentan terkena penyakit Alzheimer.

5. Sejarah

Diabetes muncul sejak tahun 1620 sebelum masehi yang ditemukan dalam naskah kuno Mesir. Penyakit diabetes dikaitkan dengan pankreas baru pada tahun 1889 berkat penemuan Oscar Miskowski dan Joseph von Mering yang melakukan penelitian kerja pankres.

6. Insulin

Insulin buatan ditemukan oleh Frederick Banting dan rekan-rekannya di Universitas Toronto pada 1912. Pertama kali diujicobakan pada Leonard Thompson, seorang anak usia 14 tahun yang menderita diabetes tipe 1 pada 11 Januari 1922. Setelah 12 hari, Thompson disuntik lagi hingga kesehatannya semakin membaik.

Akhirnya, puluhan anak-anak yang sekarat diberikan suntikan ini. Banting mendapatkan penghargaan Nobel di bidang kedokteran karena penemuannya telah menyelamatkan banyak nyawa hingga kini.

7. Kebutaan

Diabetes merusak pembuluh kapiler pada mata, sehingga mata menjadi kabur, bahkan buta permanen. Keadaan ini disebut sebagai diabetik retinopathy.

8. Hewan

Hewan ternyata bisa terkena diabetes, contohnya kucing jantan dan anjing betina yang rentan terkena penyakit ini. penyebabnya bisa karena genetika, kebanyakan makan dan jarang bergerak (malas).

9. Wilford Brimley

Pemain film hebat ini divonis diabetes pada 1979. Ia kemudian menjadi penasihat senior mengenai penyakit ini. Ia memberikan konseling dan berkeliling ke rumah-rumah sakit untuk menyemangati para penderita. Ia memiliki hobi menyabung ayam.

10. Wiski

James Giplin dari London pernah membuat wiski dari urin penderita diabetes. Urin disaring untuk diambil gulanya dan difermentasi. Dokter jaman dulu perlu meminum sedikit urin pasien untuk memastikan diagnosa diabetes.