Loading...

7 Manfaat Menakjubkan si Buah Manggis

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Manggis, buah yang satu ini mungkin menjadi buah favorit bagi banyak orang. Rasanya yang kecut manis sekaligus segar membuat manggis nikmat dimakan terutama di siang hari.

Buah yang dalam bahasa Inggris disebut Purple Mangosteen ini sudah terkenal kelezatannya di balik bentuk eksotis buah yang memang berasal dari daerah-daerah tropis di dunia.

Manggis

Loading...

Sebagai orang Indonesia kita patut berbangga hari karena buah manggis dipercaya berasal asli dari kepualauan Sunda dan Maluku di Indonesia. Penyebarannya sendiri kemudian sampai ke beberapa negara lain seperti negara Asia Tenggara lainnya, Columbia, Perto Rico dan India.

Buah manggis selain enak untuk dikonsumsi langsung, perkembangan pengobatan hebat memanfaatkan manggis karena terbukti memiliki khasiat menajubkan untuk kesehatan.

Tidak hanya buahnya, saat ini anda banyak menjumpai jus kulit manggis yang dipercaya dapat mencegah dan mengobati banyak penyakit ringan maupun berat.

Sebagai buah yang dikatakan tidak akan busuk walau sudah jatuh ke tanah, salah satu manfaat manggis yang sangat kentara adalah sebagai penetralisir si buah Durian.

Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat buah manggis tidak hanya sampai di situ saja. Berikut adalah manfaat menakjubkan buah manggis lainnya untuk kesehatan.

1. Menyembuhkan dan Mencegah Kanker

Tidak hanya untuk penyakit ringan, buah manggis juga ternyata mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker.

Buah manggis dipercaya dapat menahan laju perkembangan sel pada beberapa jenis kanker seperti leukimia, kanker paru-paru, kanker hati dan kanker usus.

2. Mencegah Peyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh pembuluh darah di sekitar jantung yang kehilangan elastisitasnya.

Karena itu sebaiknya orang yang rentan berpenyakit jantung rajin mengonsumsi buah manggis karena buah manggis dapat mengembalikan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikrobal dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut.

3. Mengobati Asma

Penyakit asma adalah penyakit yang cukup berbahaya mengingat penyakit ini berhubungan dengan sistem pernapasan.

Buah manggis sendiri merupakan obat alternatif yang cukup ampuh menyembuhkan asma kaarena memiliki kemampuan melawan infeksi dari kandungan zat-zat yang terbukti dapat mengurangi alergi.

4. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol merupakan menyakit umum yang menyerang orang Indonesia, yang disebabkan oleh asupan dan rendahnya aktivitas olah raga yang dilakukan.

Kolestrol akan sangat berbahaya karena dapat menyempitkan pembuluh darah. Kondisi ini ternyata dikurangi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.

5. Merawat Kecantikan Dari Dalam

Perawatan kecantikan sebaiknya tidak hanya dilakukan dari luar melalui produk-produk perawatan kulit maupun kosmetik. Selain itu, kecantikan juga tidak selalu dinilai dari wajah namun juga kondisi badan dan kulit yang sehat.

Hidup di kota-kota besar di Indonesia yang sayangnya terkenal oleh polusi udara yang berat dan juga radikal bebas, sebaiknya anda mengonsumsi bahan-bahan alami yang mengandung banyak antioksidan. Salah satunya adalah buah manggis yang sangat kaya akan antioksidan sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai bahan alami perawatan tubuh dari dalam.

6. Melindungi Kesehatan Otak dan Saraf

Buah manggis juga dipercaya untuk memelihara kesehatan otak dan saraf. Oleh sebab itu manggis juga baik dikonsumsi berbagai kalangan, baik muda maupun tua.

7. Membantu Mengurangi Infeksi

Jika anda sedang menderita penyakit yang berhubungan dengan infeksi, maupun penyakit karena virus lainnya, konsumsilah manggis karena terbukti dapat membantu mengurangi infeksi dan mempercepat pemulihan kondisi tubuh.

***

Semoga bermanfaat.