Loading...

7 Cara Mencegah Infeksi Sinus

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

7 Cara Mencegah Infeksi SinusHidungmu terasa pengab, dengan mukus (lendir) kekuningan. Anda batuk, dan Anda merasa lelah dan sakit. Anda berpikir bahwa Anda sedang pilek, sehingga mengambil obat-obatan, tetapi itu sama sekali tidak membantu.

Ketika Anda juga mengalami sakit kepala yang mengerikan, Anda akhirnya mengunjungi dokter. Setelah mendengarkan riwayat gejala dan memeriksa wajah dan dahi, dokter mengatakan Anda memiliki sinusitis.

Entah itu akut atau kronis, sinusitis sangat menyakitkan dan melelahkan. Juga umum terjadi, dan sinusitis tidak membedakan berdasarkan usia.

Loading...

Apa itu Sinusitis?

“Sinusitis” berarti sinus Anda meradang – merah dan bengkak – karena infeksi atau masalah lainnya.

Sinusitis biasanya mengacu pada gejala mampet dan nyeri pada satu atau lebih dari empat pasang rongga (ruang berisi udara) yang dikenal sebagai sinus paranasal.

Penyebab Nyeri

Nyeri akibat serangan sinus timbul karena udara yang terjebak dan mukus memberikan tekanan pada selaput lendir dari sinus dan dinding tulang belakangnya. Juga, ketika membran yang bengkak pada pembukaan sinus paranasal mencegah udara masuk ke dalam sinus, dapat menciptakan vakum yang menyebabkan rasa nyeri.

Pencegahan

Tidak ada metode yang telah terbukti secara ilmiah untuk mencegah sinusitis akut atau kronis. Ahli kesehatan profesional Anda mungkin menyarankan langkah-langkah berikut yang dapat membantu, dilansir dari Care2.com:

1. Jauhkan hidung Anda dari kelembabab, jaga agar tetap kering, gunakan semprotan saline atau pencuci.

2. Upayakan agar lingkungan dalam ruangan tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab.

3. Hindari paparan iritasi seperti asap rokok dan cerutu.

4. Semua material yang mengeluarkan uap dapat menyebabkan masalah sinus Anda menjadi lebih parah. Hindari produk pembersih, hairspray, dan bahan lainnya yang mengeluarkan uap.

5. Jika Anda belum diuji untuk alergi dan Anda sering terkena infeksi sinus, tanyakan ahli kesehatan profesional Anda untuk memberikan evaluasi alergi atau merujuk Anda ke spesialis alergi.

6. Hindari berenang terlalu lama di kolam yang diberi klorin, yang dapat mengiritasi lapisan hidung dan sinus.

7. Hindari menyelam dalam air, yang memaksa air masuk ke dalam sinus dari lubang hidung.

Sayangnya, tidak ada perbaikan mudah untuk masalah sinus. Bagi banyak penderita, itu adalah mengenai pertempuran terus-menerus.

Tips Meringankan Sinusitis

Berikut adalah beberapa tips untuk meringankan sinusitis, menurut National Institute of Allergies and Infectious Diseases:

– Bernapaslah dengan udara lembab dan hangat dari pemandian air panas, atau wastafel yang diisi dengan air panas.
– Saline (air asin) wash atau nasal spray untuk hidung dapat mengeluarkan sekret tebal dan memungkinkan sinus mengering. Anda dapat membeli kit bilas hidung dari apotek manapun untuk mengairi rongga hidung Anda.
– Coba obat tanpa resep dokter seperti penghilang rasa sakit dan dekongestan (misalnya, nasal spray) untuk meredakan gejala. Batuk dan obat flu mungkin tidak aman untuk anak-anak atau orang-orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Sebelum Anda menggunakannya, pastikan untuk memeriksa label.
– Jika Anda perlu menghembuskan hidung Anda, lakukan dengan lembut. Melakukannya dengan kuat dapat memaksa lendir tebal kembali ke sinus Anda dan memblokirnya. Biarkan kedua lubang hidung terbuka ketika melakukannya.
– Masukan panas lembab (menggunakan handuk panas lembab atau pack gel) di wajah Anda selama 5 sampai 10 menit, beberapa kali sehari .

Jika obat tidak bekerja, konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional. Jika Anda memiliki sinusitis akut, ia mungkin meresepkan antibiotik untuk mengendalikan infeksi bakteri, jika ada. Namun, banyak ahli kesehatan profesional yang memilih untuk tidak menggunakan antibiotik karena banyak kasus sinusitis akut yang berakhir dengan sendirinya.