Loading...

7 Tips Sederhana Atasi Kesepian

Penulis: Mayrani Rubrik: Remaja

7 Tips Sederhana Atasi KesepianKesepian adalah perasaan yang didasarkan pada persepsi individu mengenai hubungan kita dengan orang lain. Anda dapat merasa kesepian di tengah keramaian atau ketika Anda benar-benar sendirian karena itu tidak didasarkan pada kenyataan.

Ini adalah fenomena mental dan emosional yang kompleks. Jujur tentang perasaan Anda adalah cara terbaik untuk menghadapinya.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi kesepian, dilansir dari Discoveryfitandhealth.com:

Loading...

1. Sadari bahwa kesepian adalah perasaan, bukan fakta

Kesepian dipicu oleh memori perasaan itu. Ini bukan hanya karena Anda sendirian. Kesepian adalah perasaan dan semua perasaan dan emosi juga sama, berubah seperti awan di langit. Yang Anda rasakan sekarang bisa benar-benar berbeda dari apa yang Anda rasakan dalam 20 menit.

2. Berhenti mengkritik diri sendiri

Kita adalah kritikus terburuk bagi diri kita sendiri, terus menampar diri sendiri di saat kita sebenarnya sangat membutuhkan cinta kasih. Kita sering membuat cerita egois untuk menjelaskan perasaan kita.

Kebiasaan asumsi tentang status sosial dimulai ketika Anda merasa sendirian saat masih kanak dan berlanjut hingga dewasa. Tapi perasaan ini bukan realitas, Anda lah yang membuatnya menjadi realitas.

3. Melakukan koneksi

Sama seperti ketika Anda harus berolahraga walau merasa lelah dan malas, Anda harus melakukan koneksi ketika Anda kesepian. Koneksi dengan orang di sekitar Anda akan membantu menarik Anda keluar dari putaran kesepian.

4. Fokus pada kebutuhan dan perasaan orang lain

Bila Anda merasa kesepian, Anda akan terserap kedalamnya. Itu adalah saat di mana Anda mulai fokus hanya pada diri sendiri dan yang membuat masalah kesepian semakin memburuk. Bila Anda mengalihkan perhatian di luar diri Anda, rasa kesepian perlahan akan mulai menghilang.

5. Luangkan waktu Anda

Luangkan waktu untuk berhubungan dengan orang lain dengan membantu mereka.

6. Lebih banyak bertanya

Ajukan pertanyaan pada banyak orang dan masuki dunia mereka yang berada di sekitar Anda. Tidak hanya karena dapat membuat Anda merasa lebih baik, tapi itu juga akan membuat orang lain merasa lebih baik. Pada akhirnya, Anda akan membangun lebih banyak hubungan karena orang menikmati orang-orang yang benar-benar peduli tentang apa yang mereka katakan.

7. Jangan lari, rasakan emosinya

Banyak dari kita yang lari dari perasaan kesepian, dan memadamkannya dengan obat-obatan, alkohol, junk food, atau hal-hal material. Kita menganggapnya sebagai musuh dan memilih untuk tidak membiarkannya masuk. Rasakan kesepian Anda sepenuhnya, hadapi, dan Anda akan melihat bahwa itu bukanlah monster seperti yang Anda pikirkan.