Loading...

6 Cara Simpel Menghindari Stres dan Depresi Berkepanjangan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Kehidupan memang tak bisa dipisahkan dari masalah. Sebagus dan sebaik apapun kehidupan kita, terkadang ada saja masalah yang menghadang, baik masalah kecil maupun besar.

Terutama di jaman yang semakin berkembang seperti saat ini, seakan kebutuhan manusia tak ada batasnya. Hal ini juga yang membuat manusia semakin berlomba memenuhi kebutuhannya, dan terkadang apabila tidak dapat dipenuhi, seseorang dapat menjadi stres dan bahkan depresi.

Menghindari Stress dan Depresi

Loading...

Saat ini bukanlah hal yang baru jika kita mendengar semakin banyak orang memiliki masalah kemudian stres bahkan depresi.

Tentu setiap orang pernah mengalami masa-masa sulit, namun karena strss dan depresi dapat berakibat fatal, sebaiknya kita menghindari hal-hal yang dapat membuat kita merasa kalut berkelanjutan.

Untuk tetap berada di perasaan yang bahagia dan terhindar dari depresi, berikut tips untuk anda.

1. Tidur yang Cukup

Banyak orang yang meremehkan manfaat dari tidur yang cukup dan berkualitas. Padahal, tidur yang kurang dapat memacu anda mudah stres dan bersuasana hati buruk.

Dengan tidur yang nyenyak tubuh anda akan beristirahat dan ‘memperbaiki’ sel-sel dalam tubuh. Tak salah jika orang yang kurang tidur cenderung berwajah lesu dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Cobalah untuk tidur miniimal 8 jam sehari dan rasakan manfaatnya dalam tubuh dan pikiran anda.

2. Berolahraga

Berolah raga mampu membantu tubuh memproduksi endhorphin yaitu zat yang dapat membuat anda senang dan berpikiran positif.

Berolah raga tidak harus anda lakukan di tempat fitness, namun juga dapat anda lakukan di lingkungan sekitar dengan berjalan kaki 15 menit saja, atau melakukan gerakan olahraga ringan.

3. Stay Hydrated

Tips yang ketiga ini membahas pentingnya minum air putih dengan cukup agar tidak mudah dehidrasi.

Tanpa kita sadari, dehidrasi juga dapat mengganggu sistem kerja otak dan membuat anda mudah lelah. Sangat penting untuk rajin minum air putih dan bukan minuman soda maupun botolan lainnya yang mengandung pengawet atau zat lain yang tidak baik untuk tubuh.

Minum air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari untuk menjaga badan dan pikiran yang fit.

4. Memiliki Diari

Terdengar kekanak-kanakan atau feminim? Tidak juga. Menulis diari, menurut beberapa penelitian mampu membantu seseorang berpikiran lebih positif dan lebih maju.

Jika anda memiliki masalah dan jika anda kesulitan untuk membahasnya dengan orang lain, anda juga dapat menulisnya dalam diari. Cara ini dirasa ampuh mengobati dan menghindari stres karena dengan menulis kita memiliki media untuk melampiaskan rasa sedih dan sebagainya

5. Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran terbukti memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah dan sayuran juga terbukti dapat membantu orang melewati depresi karena akan memberikan nutrisi yang dapat meningkatkan kerja otak.

6. Bersyukur

Cara ini mungkin cara yang paling ampuh dalam mencegah dan mengobati rasa depresi, yaitu dengan bersyukur. Bersyukur atau berterima kasih atas hal-hal baik yang terjadi pada anda mungkin tidak mudah, mengingat banyak orang yang mudah berkeluh kesah dan selalu mengeluh akan segala hal.

Cobalah untuk mengingat dan menyadari adanya hal-hal baik yang terjadi pada anda, ketimbang selalu mengingat hal buruk. Dengan hal ini, anda akan lebih menghargai hidup anda.

***

Itulah 6 cara simple untuk terhindar dari stres dan depresi berkepanjangan. Tetaplah berpikir positif dan jalani gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.