Loading...

Terserang Flu? Konsumsi 8 Jenis Makanan Ini

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Flu adalah penyakit menjengkelkan yang dapat membuat Anda terkapar lemah tak bersemangat. Flu terkadang dianggap sebagai penyakit ringan yang akan sembuh dengan sendirinya. Padahal Anda perlu memberi penanganan yang tepat agar flu dapat sembuh dengan cepat.

Gejalanya ditandai dengan tenggorokan kering, kelelahan, dehidrasi, demam tinggi dan muntah-muntah. Flu dapat berlangsung selama 2 hingga 3 hari atau bahkan seminggu.

Flu

Loading...

Saat mengalami flu, otot-otot tubuh Anda akan menjadi lemah maka dari itu sangat penting untuk beristirahat dengan baik. Anda harus memiliki waktu tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat serta obat-obatan secara teratur.

Mengonsumsi makanan yang tepat adalah salah satu solusi terbaik yang dapat membantu untuk mengatasi keluhan kesehatan ini dan juga mengembalikan energi Anda.

Beberapa jenis makanan bahkan memiliki kandungan yang akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap virus penyebab flu. Berikut adalah beberapa makanan pengobat yang dapat mengatasi flu:

Segala jenis buah

Buah-buahan selalu menjadi pengobat untuk segala jenis penyakit, karena buah adalah sumber alami vitamin dan mineral. Orang yang terserang flu baiknya mengkonsumsi buah-buahan yang ringan dan mudah dicerna seperti misalnya jeruk, anggur, apel dan sebagainya.

Buah juga membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi yang sangat berguna untuk memerangi flu. Pengobatan flu dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah sepanjang hari.

Salad

Apabila Anda mengalami flu, cobalah untuk mengkonsumsi semangkuk penuh salad. Salad merupakan sumber yang kaya protein dan karbohidrat. Karbohidrat serta protein mampu menghidupkan kembali energi yang hilang akibat flu.

Sayuran ringan seperti mentimun dan wortel harus Anda makan secara teratur untuk pengobatan flu.

Jus Sayuran

Selain buah, sayuran adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Anda dapat mengolah sayuran menjadi jus yang bermanfaat untuk mengatasi flu. Jus dari sayuran seperti wortel, tomat ataukah buah berry mengandung protein serta nutrisi yang tinggi.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu untuk melawan virus penyebab flu. Anda bisa mencampurkan bawang putih beserta roti coklat untuk dikonsumsi.

Roti coklat kaya akan protein, dan kombinasi ini dapat memberikan energi untuk tubuh Anda, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memerangi flu secara alami.

Teh jahe

Jahe adalah obat alami untuk mengatasi flu. Sejak dulu, jahe sudah digunakan untuk pengobatan flu karena memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang membantu mengurangi gejala flu dan melawan virus yang menyebabkan flu.

Pisang

Pisang adalah buah yang mudah dan ringan untuk dicerna. Anda dapat mengolah buah ini menjadi milkshake pisang atau mencampurkannya dengan gula pilihan yang baik untuk pengobatan flu secara alami.

Pisang sangat baik untuk mengatasi mual, serta rasa lelah. Dokter merekomendasikan Anda mengkonsumsi pisang terutama saat menderita flu.

Permen mint

Mint juga menjadi salah satu solusi paling baik yang dapat mengobati flu secara alami. Mint dapat memberi rasa tenang pada tenggorokan yang kering dan sakit saat flu.

Selain itu mint juga membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi serta mengatasi perubahan selera pada lidah. Permen mint dapat membantu untuk menyegarkan Anda selama flu.

Teh hitam

Teh hitam efektif dijadikan obat alami bagi Anda yang menderita flu. Teh ini memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengobati gejala flu dan sakit tenggorokan.