Loading...

Tertawa, Penangkal Terbaik Untuk Depresi Hingga Serangan Jantung

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fun, Kesehatan

Sejak berabad-abad yang lalu, tertawa telah diyakini sebagai “mesin terbaik” dan obat termurah untuk kesehatan. Penelitian secara medis menunjukkan bahwa tertawa dapat mendatangkan berbagai pengaruh serta keuntungan psikologis, ampuh untuk mengobati rasa sakit, tekanan hidup sehari-hari, dan bahkan stres atau depresi.

Penting untuk memasukkan sedikit unsur humor guna membuat hidup Anda terasa lebih ringan, sadar atau tidak hal tersebut akan memberi pengaruh positif yang sehat dalam tubuh.

Tertawa

Loading...

Hal simpel seperti tertawa tidak hanya dapat membuat Anda menjadi senang dan bahagia, tetapi juga sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menambah energi tubuh, mengurangi rasa sakit, dan melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang ditimbulkan oleh stres.

Boleh dibilang, tertawa adalah obat yang ampuh, mudah dan tentunya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukannya. Maka dari itu, agar tidak mudah stres dan hidup jadi lebih sehat, banyak-banyaklah tertawa.

Ada beberapa alasan yang membuat tertawa menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan setiap hari:

Membuat tubuh menjadi lebih santai

Saat tertawa, seluruh bagian tubuh Anda akan menjadi lebih rileks. Tawa efektif untuk meringankan rasa khawatir, mengurangi rasa takut sehingga membantu melepaskan emosi dan ketegangan. Terkadang saat seseorang merasa takut, marah, sedih, stres atau bosan, daripada mengekspresikannya, orang tersebut akan lebih memilih untuk memendam perasaan serta emosi-emosi itu.

Sayangnya hal ini justru akan menimbulkan depresi. Nah, tertawa merupakan cara lain untuk menemukan jalan keluar dari ketegangan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Anda dapat melakukan relaksasi hanya dengan tertawa. Hal ini terbukti mampu membantu Anda mengurangi kadar hormon stres, selain itu tertawa juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit.

Meningkatkan Endorphin

Tawa merupakan obat alami yang dapat diperoleh dari dalam tubuh Anda. Ini merupakan proses alami yang efektif untuk mengurangi rasa sakit, fisik maupun emosional. Tawa rupanya dapat melepaskan endorphin kuat yang jumlahnya setara dengan morfin.

Melindungi jantung

Jantung pun dapat terlindungi dengan tawa. Tertawa dapat membantu pernapasan karena mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan oksigen dalam darah. Maka dari itu, tertawa akan melindungi Anda dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Membuat Anda lebih produktif

Dengan meluangkan sedikit waktu untuk tertawa, Anda akan menjadi lebih kreatif. Menjadikan Anda pribadi yang optimis dalam memecahkan segala masalah. Anda dapat bekerja lebih keras, tetapi tetap merasa nyaman hingga produktivitas pun ikut meningkat.

**

Tertawa adalah hal paling sederhana yang dapat membuat pikiran Anda jadi lebih siap untuk menghadapi berbagai aktivitas dan tekanan hidup yang berat.

Menenangkan diri atau merilekskan diri dari segala permasalahan bisa menjadi obat penawar yang kuat untuk menghadapi stres, melawan penyakit serta menghadapi segala macam konflik yang sedang Anda hadapi. Tertawa akan mencerahkan beban, mengilhami harapan, dan mampu menghubungkan Anda dengan siapa saja.

Hidup tidak harus dibawa panik. Kita perlu merasa santai menjalani hidup yang bisa dibilang cukup ruwet ini. Karena jika tidak, hal ini bisa menyebabkan stres akut di usia dini.

Persoalan hidup memang selalu ada, tapi kalau kita menghadapinya dengan cara yang benar, pasti tidak akan terasa berat. Cobalah untuk menghadirkan humor dalam kehidupan Anda. Luangkan sedikit waktu untuk tertawa.