Loading...

10 Variasi Omelet di Berbagai Negara

Penulis: Gita Flozia Rubrik: Resep, Wisata

Omelet merupakan salah satu menu makanan popular di negara-negara barat dan paling disukai. Omelet sangat mudah dibuat. Hidangan ini terdiri atas telur kocok dan beberapa rempah yang diolah dan rasanya sangat nikmat.

Pada Abad ke 16, Omelet adalah makanan favorit masyarakat Perancis. Seiring berjalannya waktu, jenis makanan ini telah menjalar ke penjuru dunia. Tiap negara bagian memiliki bahan khas tersendiri untuk membuat omelet, sesuai dengan cita rasanya.

Bahan dasar omelet terdiri dari telur, keju, sayuran, daging dan dapat pula ditambahkan jamur.

Loading...

Berikut ini beberapa variasi omelet di berbagai negara yang perlu Anda ketahui:

1. French Omelette

French Omelette

Teknik ini menggunakan mentega untuk mencegah menempelnya telur dan mempercepat pematangan adonan. Ditambahkan dengan garam, merica, daun sup ataupun bawang cincang.

2. Nargesi

Nargesi

Hidangan dari Irian, terbuat dari bawang goreng, bayam, dan dibumbui dengan garam, bawang putih dan merica.

3. Egg Foo Yung

Egg Foo Yung

Omelet ini berasal dari Cina. Menambahkan saus Foo Yung, kombinasi dari kaldu ayam, kecap, cuka dan gula. Nyummy!

4. Bauernomelette

Bauernomelette

Omelet yang sangat popular di Jerman dan Austria. Terdiri dari daging asap, kentang rebus, bawang dipotong dadu, jamur, tomat dan jagung manis.

5. Fritatta

Fritatta

Omelet yang berasal dari Italia, berisi keju, sayuran, dan pasta. Fritatta dimasak perlahan di atas kompor dengan api kecil. Tapi dapat pula dipanggang sesuai minat konsumen.

6. Indian Omelette

Indian Omelette

Biasa disebut pula Masala Omelette, dibuat dengan penambahan rempah-rempah yang berbeda disetiap wilayah. Omelet di India sering menggunakan cabai yang telah dicincang halus, daun ketumbar, tomat dan kunyit.

7. Tamagoyaki

Tamagoyaki

Di Jepang, tamagoyaki adalah omelet tradisional di mana telur dicampur dengan kecap, Bonito flake (Katsuobushi), gula dan air yang dimasak dalam wajan khusus berbentuk persegi panjang.

8. Telur dadar

Telur dadar

Memiliki bentuk yang tipis dan datar. Omelet ini terdiri dari telur, daun sup, cabai dan irisan bawang. Di Indonesia dan Malaysia, omelet sering disantap dengan nasi.

9. Torta

Torta

Di Filipina, omelet biasa disebut Torta. Omelet atau torta ditambahkan irisan bawang putih, bawang merah, kentang, tomat, daging sapi giling, dan merica.

10. Khai chiao songkhrueang

Khai chiao songkhrueang

Omelet tradisional dari Thailand yang disajikan bersama daging tumis, sayuran dan saus Sriracha.

***

Oleh karena bahan utama omelet adalah telur, maka sebaiknya Anda  harus mengontrol mengonsumsi makanan ini. Asupan tinggi telur dan beberapa bahan omelet lainnya mampu meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.