Loading...

Rincian Nutrisi Bayam dan Bahayanya

Penulis: Riyadh Rubrik: Kesehatan

Bayam adalah makanan berkalori rendah  yang penuh nutrisi. Daunnya yang berwarna hijau tua penting bagi kulit dan rambut, kesehatan tulang, menyediakan protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Demikian sebagaimana diulas dalam MedicalNewsToday, Minggu (02/02/14).

Potensi manfaat kesehatan dari mengonsumsi bayam meliputi peningkatan kontrol gula darah pada diabetes, menurunkan resiko kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan resiko kesehatan tulang, menurunkan resiko asma dan manfaat lainnya.

Loading...

Nutrisi Bayam

Berikut ini rincian nutrisi pada bayam, potensi manfaat kesehatannya, dan beberapa peringatan yang perlu diketahui saat mengonsumsinya.

Rincian Nutrisi Bayam

Secangkir bayam mentah mengandung 27 kalori, 0.86 gram protein, 30 miligram  kalsium, 0.81 gram zat besi, 24 miligram magnesium, 167 miligram potassium, 2813 IU Vitamin A dan 58 mikrogram folat.

Sebagian besar kalori pada bayam bersumber dari proteinnya.

Bayam merupakan sumber makanan terbaik untuk  potassium,  dengan 839 mg per cangkirnya dalam keadaan matang, Sebagai perbandingna, secangkir pisang mengandung sekitar 539 mg potassium.

Kekurangan zat besi dalam pola makan Anda dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh Anda memanfaatkan energi. Bayam adalah sumber bagus akan zat besi, bersama dengan tuna, telur, dan kacang-kacangan lentil.

Bayam mengandung sekitar 250 mg kalsium per cangkir dalam keadaan matang, meski begitu tak mudah bagi tubuh menyerapnya dibandingkan yang bersumber dari produk susu. Bayam memiliki kandungan oxalate yang tinggi terikat pada kalsium hingga menjadikannya tak terpakai dalam tubuh kita.

Tubuh kita hanya mampu menyerap 5% kalsium dalam bayam (sekitar 12.5 mg per cangkir) dimana tingkat penyerapan kalsium pada susu sekitar 28% (300 mg kalsium dalam secangkir susu pada kadar bioavailabilitas 28% bakal menyediakan 84 mg per cangkir yang terserap).

Bayam juga dikenal sebagai sumber makanan terbaik bagi magnesium, yang penting bagi metabolisme energi, menjaga fungsi syaraf dan otot, ritme jantung, sistem kekebalan yang sehat, dan menjaga tekanan darah. Magnesium juga ambil bagian dalam ratusan lebih reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh.

Orang-orang dengan kelainan pencernaan, pecandu alkohol, para lanjut usia, dan individu yang menjalani pengobatan seperti antibiotik dan diuretik cenderung kekurangan magnesium dan perlu mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau.

Bayam juga mengandung vitamin K, serat, fosfor, dan tiamin.

Potensi manfaat kesehatan bayam

Pengaturan diabetes: bayam mengandung sebuah zat antioksidan yang dikenal sebagai asam alpha-lipoic, yang terbukti menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien dengan diabetes.

Pencegahan kanker: Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil  yang terbukti efektif menghalau efek karsinogenik dari heterocyclic amines yang dihasilkan saat memanggang makanan pada suhu yang tinggi.

Pencegahan asma: resiko penyakit asma lebih rendah pada orang-orang yang mengonsumsi sejumlah besar nutrien tertentu. Salah satu nutrien ini adalah beta-karoten, dimana bayam merupakan sumber yang baik. Aprikot, brokoli, blewah, labu, dan wortel juga merupakan sumber yang kaya beta-karoten.

Menurunkan tekanan darah: karena kandungan potassiumnya yang tinggi, bayam disarankan bagi mereka dengan tekanan darah tinggi untuk menangkal efek garam dalam tubuh. Asupan potassium yang rendah bisa jadi sama besarnya dengan asupan garam yang tinggi dalam faktor resiko perkembangan tekanan darah tinggi.

Makanan tinggi potassium lainnya meliputi kentang, tomat, kacang lima, dan jeruk.

Kesehatan tulang: Asupan vitamin K yang rendah telah diasosiasikan dengan resiko tulang retak yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K yang cukup penting bagi kesehatan yang baik, karena ia berperan sebagai pengubah susunan protein tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi pembuangan kalsium melalui urin.

Kelancaran buang air: Bayam tinggi serat dan kandungan airnya, kedua hal itu membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan alat pencernaan.

Rambut dan kulit yang sehat: Bayam tinggi vitamin A, dimana vitamin ini penting bagi produksi sebum yang menjaga rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan dalam pertumbuhan seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Bayam dan sayuran hijau lainnya yang tinggi vitamin C penting sekali dalam pembentukan dan perawatan kolagen yang menyediakan struktur bagi rambut dan kulit.

Kekurangan zat besi merupakan penyebab lumrah rontoknya rambut, yang dapat dicegah dengan asupan cukup makanan yang tinggi zat besi, seperti bayam.

Peringatan

Jika Anda meminum pengencer darah seperti Coumadin (warfarin) amatlah penting Anda tak memulai dengan mendadak konsumsi yang lebih banyak atau sedikit vitamin K yang berperan besar dalam penggumpalan darah.

Mengonsumsi terlalu banyak potassium dapat merugikan ginjal yang tak sepenuhnya berfungsi. Jika ginjal Anda tak mampu membuang kelebihan potassium dalam darah, hal itu dapat berakibat fatal.

(Foto: gimmesomeoven.com)