Loading...

Ini Dia, Fakta Tentang Buah Belimbing

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Fresh and yummy! mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan buah belimbing. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut star fruit ini memang menjadi buah yang disukai banyak orang karena rasanya yang manis kecut segar dan bentuknya yang sesuai namanya, seperti bintang.

Belimbing di Indonesia tentu bukan buah yang sulit dicari. Kenyataannya, banyak dari kita yang menyukai belimbing, terutama dimakan bersama dengan buah-buahan lainnya yang ada pada campuran rujak.

Buah belimbing yang jika matang berwarna kuning terang ini memang terdiri dari banyak jenis, mulai dari yang rasanya cenderung kecut maupun yang pasti manis seperti belimbing madu.

Loading...

Belimbing

Buah ‘bintang’ ini ternyata berasal dari beberapa negara yang salah satunya adaah negara kita sendiri, Indonesia. Saat ini, belimbing sudah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga dan Polinesia. Tak hanya di negara-negara tropis, belimbing ternyata juga dikembangkan dan ditanam secara komersial seperti di Amerik Serikat.

Tahukan anda apa saja kandungan buah belimbing?

Menurut beberapa sumber, buah belimbing memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang salah satunya adalah vitamin C. Selain itu, belimbing juga mengandung vitamin A dan E walau dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Zat lain yang dimiliki belimbing adalah serat, potasium, kalium, fosfor, seng, zat besi dan juga magnesium.

Setelah mengathui kandungan dalam belimbing, apa saja khasiat belimbing bagi tubuh?

1. Buah Tepat untuk Diet

Jika anda sedang menjalankan diet dengan cara mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuan, belimbing dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Hal tersebut karena belimbing memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 31 kalori. Angka tersebut menunjukkan bahwa buah belimbing jauh lebih rendah kandungan kalorinya dibandingkan buah-buahan tropis lainnya.

2. Pelepas Dahaga

Jika anda sedang haus dan ingin meminum minuman yang segar, anda dapat membuat jus belimbing yang sangat menyegarkan, tanpa takut akan menambah berat badan.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain rendah kalori, belimbing kaya akan vitamin C, yaitu vitamin yang identik dengan manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat dan fit. Vitamin ini juga turut berperang dalam proses penyembuhan luka dan infeksi.

4. Anti Oksidan Alami

Kandungan vitamin C dalam belimbing ternyata juga baik bagi tubuh sebagai anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh kita.

5. Kesehatan Pencernaan

Buah belimbing juga memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan dalam tubuh kita. Hal ini karena belimbing terdiri dari serat yang dapat membantu mengurangi resiko kanker usus.

Bahaya Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Walaupun buah belimbing merupakan buah yang bemberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, buah yang berbentuk bintang ini ternyata juga dapat memberikan efek negatif bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Ya, buah belimbing ternyata masuk dalam kategori buah yang sebaiknya dihindari untuk penderita diabetes dan gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena dalam buah belimbing terdapat pula asam oxalat yang dapat memicu terjadinya pembentukan batu ginjal.

***

Itulah ulasan manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh. Jika anda memiliki beberapa penyakit seperti diabetes dan gangguan ginjal, konsultasikan kembali ke dokter anda apabila anda boleh mengonsumsi buah belimbing. Semoga bermanfaat.