Loading...

5 Ide Topping Sehat Untuk Yogurt Lezat

Penulis: Amanda Rubrik: Resep

Yogurt, jenis produk dari susu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, yogurt adalah sejenis susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Susu yang digunakan untuk mebuat yogurt juga bermacam-macam, hingga susu kedelai maupun almond.

Yogurt diolah dari fermentasi laktosa atau gula susu yang menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma yang unik.

Rasa dominan pada yogurt yang kita kenal adalah asam, karena memang begitulah rasa yang dihasilkan oleh fermentasi susu tersebut. Rasa yogurt yang asli dapat kita temukan dalam yogurt plain atau yang tidak mengandung perasa tambahan.

Loading...

topping yogurt

Namun untuk meningkatkan selera orang yang tidak menyukai rasa asam yang merupakan rasa asli yogurt, saat ini yogurt juga tersedia dalam berbagai macam rasa seperti vanila, coklat, rasa buah dan juga dikemas dengan paduan bahan lain seperti biji-bijian, buah-buahan kering dan lain sebagainya.

Di negara barat, yogurt sudah bukan makanan yang asing lagi, dapat dikonsumsi sebagai sarapan, pencuci mulut dan kudapan sehat. Yogurt memang dikenal memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh karena mengandung protein sehat yang baik bagi tubuh.

Tak hanya untuk orang dewasa, yogurt juga baik dikonsumsi anak-anak untuk membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan otak.

Yogurt yang disajikan polos begitu saja mungkin tak terlalu menarik bagi anda yang tidak terbiasa memakan yogurt. Sebagai cara untuk membuatnya lebih lezat, berikut topping atau tambahan yang dapat ditaburkan di atas yogurt anda.

1. Biji-bijian

Berbagai macam biji-bijian dapat anda gunakan sebagai topping yogurt untuk mengimbangi tekstur yogurt yang kental dan rasanya yang asam. Biji-bijian juga baik untuk kesehatan tubuh, terutama jika anda sedang program diet.

2. Buah-buahan

Untuk menikmati yogurt dengan cara berbeda, anda juga dapat menambahkan buah di atas sajian yogurt anda. Pilih buah-buahan yang rasanya tidak terlalu asam untuk mengimbangi rasa yogurt, seperti pisang, stroberi, ceri dan lain sebagainya.

3. Madu

Hmm! paduan madu dan yogurt akan teras sangat lezat. Madu cocok digunakan untuk topping yogurt dengan rasa asli agar yogurt terasa lebih manis.

Selain itu, madu yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh juga jauh lebih baik digunakan sebagai topping yogurt ketimbang gula.

4. Sereal

Sereal degan tekstur crispy memang tepat untuk dijadikan topping yogurt. Pilih sereal kesukaan anda dan taburkan di atas yogurt. Paduan tekstur yogurt yang lembut akan terasa sempurna dengan tekstur kering nan lezat kepingan sereal.

5. Coklat

Mengapa tidak? Jika anda pecinta coklat dan tetap ingin menikmati yogurt, maka campurkan coklat dengan yogurt anda.

Pilih coklat dalam bentuk padat dan untuk pilihan sehat, gunakan coklat hitam atau yang tidak terlalu manis. Selain itu, sebagai variasi hidangan pencuci mulut, anda dapat menambahkan bentuk coklat lainnya seperti permen hingga choco chips.

***

Itulah 5 pilihan topping yang dapat anda manfaatkan sebagai ‘pendamping’ yogurt anda agar terasa lebih lezat namun tetap sehat.

Pilihan topping di atas juga dapat mengakali anak-anak yang tidak menyukai tampilan polos yogurt. Selamat berkreasi!