Loading...

5 Tips Berwisata dengan Cerdas

Penulis: Amanda Rubrik: Wisata

Hobi traveling atau berwisata? Tentu hobi ini merupakan salah satu hobi terbanyak yang dimiliki seseorang. Bagaimana tidak? Berwisata merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama jika tempatnya adalah tempat yang kita idam-idamkan untuk berkunjung.

Berwisata juga merupakan cara untuk mengenal daerah lain yang berbeda dengan daerah yang kita tinggali, baik di dalam maupun luar negeri, dimana kita tidak hanya melihat tempat dan atraksi wisata yang disajikan, namun juga budaya dan nilai sosial yang ada di dalamnya.

travelling

Loading...

Cara berwisata setiap orang tentu selalu berbeda. Ada yang nyaman dengan gaya backpacker alias beriwisata dengan biaya terbatas, memanfaatkan segala sesuatu dengan ekonomis dan menghindari tempat-tempat yang identik dengan kemewahan. Ada juga orang yang suka sebaliknya, dimana berwisata yang nyaman adalah menikmati keindahan suatu destinasi pariwisata dan juga fasilitasnya yang mewah dan berstandar internasional.

Gaya berwisata lainnya juga sangat beragam tergantung jenis wisata yang dipilih seseorang, apakah itu wisata budaya, alam, sejarah, kota, dan masih banyak lagi.

Dalam berwisata, apapun gaya wisata yang kita pilih, sebaiknya kita tetap melakukan kegiatan wisata dengan cerdas agar kita tidak hanya melihat tempat yang kita kunjungi, namun juga memahami tempat tersebut.

Bagaimana caranya? Simak tips berwisata dengan cerdas, dari kami berikut ini.

1. Mencari Info Lengkap Tentang Tempat Tersebut

Selain tempat tujuan maupun objek wisata yang ingin kita lihat, kita juga harus mendapatkan informasi detil tentang daerah tersebut, seperti budaya yang dimiliki dan lain sebagainya.

Tak hanya berkisar tentang ‘isi’ dari tempt tersebut, namun juga hal-hal umu yang sering terlewat, yaitu keadaan cuaca dan udara yang dapat kita dapatkan informasi melalui internet, kenalan yang berasal dari daerah tersebut ataupun teman yang telah berkunjung ke tempat tujuan yang Anda inginkan.

2. Aksesibilitas

Mungkin anda sering mendengar seseorang yang tersasar di suatu daerah, seperti tidak tahu jalan kembali ke hotel maupun kesulitan mencari kendaraan untuk berkeliling suatu daerah wisata.

Hal tersebut dapat anda hindari dengan cara mencari info tentang aksesibilitas yang dimiliki daerah wisata tersebut seperti peta dan juga kendaraan umum yang tersedia.

Di beberapa negara maju dengan paerkembangan transportasi publiknya yang pesat, ketahui juga beberapa detil yang berkaitan dengan transportasi umum seperti cara membeli tiket dan beberapa peraturan lainnya.

3. Bahasa

Ya, bahasa asing menjadi sangat penting saat kita berunjung ke suatu tempat, tetutama di luar negeri. Selain bahasa umum yaitu bahasa Inggris, sebaiknya anda pelajari bahasa lokal setempat agar memudahkan anda untuk tidak hanya berkomunikasi dengan penduduk lokal, namun juga untuk hal-hal darurat lainnya yang mendorong anda untuk menggunakan bahasa asli negara tersebut.

Setidaknya kuasai beberapa kosakata umum yang merupakan percakapan sehari-hari, seperti ucapan salam, menanyakan harga dan arah, dan semacamnya.

4. Peraturan yang Berlaku

Peraturan dan hukum yang berlaku di suatu tempat atau negara lain sangat penting untuk diketahui karena melanggar hukum akan membuat kita tersandung masalah yang cukup besar.

Seperti peraturan tentang kebersihan misalnya, atau peraturan berlalu lintas dan lain sebagainya.

5. Nomor Telepon Penting

Hal ini sering terabaikan saat kita berwisata, padahal masalah dapat muncul kapan saja tanpa kita sadari.

Nomor telepon penting yang sepatutnya kita ketahui adalah nomor telepon polisi atau ambulan daerah/negara setempat yang sekiranya kita perlukan dalam keadaan darurat.

***

Beriwasata dengan cerdas berarti juga memikirkan hal-hal buruk yang dapat terjadi dan juga mengoptimalkan hal-hal positif agar pengalaman beriwisata anda berkesan dan tak terlupakan. Selamat liburan!

(foto: alkauthar.org)