Loading...

7 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Good morning! Pagi hari dapat diartikan menyenangkan atau tidak bagi seseorang. Hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas tidur dan juga rencana di hari itu yang akan dilakukan.

Sayangnya banyak orang yang menganggap aktivitas harian dipengaruhi oleh kualitas tidur, makanan yang dikonsumsi di hari itu, serta suasana hati dan aktivitas yang mempengaruhinya.

Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

Loading...

Padahal, kualitas memulai pagi hari itulah yang penting untuk anda, tidak hanya berdampak positif bagi tubuh namun juga suasana hati dan semangat yang anda miliki untuk melakukan aktivitas anda.

Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan di pagi hari yang berbeda. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh waktu yang dimiliki apakah cukup atau sempit sehingga orang tergesa-gesa untuk sarapan atau bahkan tidak sempat.

Karena kebiasaan di pagi sangat berpengaruh dengan kualitas aktivitas anda di hari tersebut, berikut tips dari kami untuk memulai pagi dengan bermanfaat.

1. Bangun Lebih Awal

Banyak orang yang meremehkan kualitas tidur yang cukup dan manfaat bangun lebih awal. Bangun lebih awal merupakan salah satu kebiasaan sehat yang sebaiknya anda terapkan.

Jika perlu, atur jadwal bangun pagi anda secara rutin sehingga menjadi kebiasaan.

Dengan bangun tidur lebih awal, anda memiliki waktu lebih luang utuk menyiapkan diri memuai aktivitas harian seperti kerja, kuliah ataupun sekolah. Sering kita melupakan sesuatu maupun tidak sempat sarapan hanya karena bangun terlambat.

2. Minum air Putih

ORang dewasa tidur rata-rata selama 6 hingga 8 jam per malamnya. Yang anda perlu ketahui, waktu tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang biasa kita dapatkan disaat terbangun.

Karena itu minum air putih merupakan salah satu kebiasaan yang terpenting saat bangun pagi karena tidak hanya untuk memenuhi asupan cairan yang kurang selama tidur, namun juga membuang racun dalam tubuh.

3. Minum Air Lemon Hangat dan Madu

Bagi anda yang memiliki masalah tidak nyaman pada perut terutama di pagi hair, kebiasaan yang satu ini patut anda coba. Ya, dengan meminum air lemon hangat yang dicampur madu.

Walau rasa lemon kecut, namun dengan dicampur madu, selain rasanya enak, minuman ini juga dapat mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan usus anda.

4. Olahraga

Olahraga di pagi hari sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan pemberi energi lebih untuk menjalankan aktivitas anda. Sempatkan  berolahraga di pagi hari dan sebaiknya pilih olahraga ringan seperti jogging, senam pagi maupun bersepeda.

Berolahraga pagi juga dapat meningkatkan kerja otak sehingga membantu konsentrasi saat beraktivitas.

5. Mandi

Sebagian orang tentu menyempatkan mandi di pagi hari sebelum berangkat sekolah, kuliah ataupun kerja. Namun ada juga beberapa orang yang tidak suka mandi di pagi hari karena alasan malas atau dingin.

Padahal, mandi di pagi hari dinilai efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Mandi di pagi hari dengan air dingin juga dapat membantu membangunkan syaraf-syaraf dalam tubuh dan melancarkan aliran darah.

6. Minum Jus

Sebagian orang mungkins senang meminum kopi atau teh di pagi hari. Efek kafein yang terdapat dalam kopi dan teh mungkin dapat membantu merangsang otak, namun tidak terlalu berdampak signifikan bagi tubuh.

Sebaiknya minum jus buah seperti apel atau jeruk.

7. Sarapan Pagi

Jika anda sering melupakan dan melewatkan sarapan pagi, sebaiknya kebiasaan tersebut anda ubah karena sarapan pagi sangat bermanfaat untuk membuat tubuh lebih berenergi dan membantu meningkatkan memori otak anda.

Selain itu, jika anda sedang diet, sarapan pagi justru baik untuk dilakukan karena dapat menghindari makan siang secara berlebih.

***

Itulah 7 kebiasaan baik di pagi hari yang sebaiknya anda lakukan untuk melakukan aktivitas harian dengan efektif.