Loading...

9 Tanda Anda Cocok Jadi Entrepreneur

Penulis: Riyadh Rubrik: Bisnis

Tanda Anda Cocok Jadi EntrepreneurBanyak artikel bisnis yang pernah ditulis menyiratkan bahwa entrepreneurship (kewirausahaan) bukanlah untuk semua orang. Dan artikel-artikel itu menunjukkan dengan membuat daftar atribut yang dimiliki oleh banyak orang sukses. Dan atribut tersebut dijadikan sebagai ciri-ciri umum yang sering dikaitkan dengan entrepreneur hebat, seperti etos kerja yang kuat, tekun, persuasif, dan disiplin.

Namun, Grant Cardone dari Entrepreneur memiliki pendapat berbeda. Menurut studi dan pengamatan yang telah dilakukannya selama 25 tahun, ia menemukan bahwa hal-hal yang berkontribusi terhadap kesuksesan yang luar biasa tidaklah seperti yang biasa dianggap oleh masyarakat sebagai aset.

Orang-orang sukses tidak mencapai hal-hal besar dengan memiliki ciri-ciri dan mengikuti jalan sempit yang direkomendasikan oleh para guru manajemen. Menurutnya, jangan percaya apapun yang dikata orang atau bagaimana mereka memberi cap terhadap Anda. Bisa jadi apa yang kita anggap sebagai kekurangan adalah aset sesungguhnya.

Loading...

Berikut ini 9 di antara tanda yang  dianggap sebagai kekurangan, yang sebenarnya bisa mengindikasikan bahwa Anda cocok menjadi entrepreneur.

1. Membenci Status Quo

Bagi Anda, tidaklah masuk akal bila sesuatu dikerjakan terus-menerus dengan cara yang sama tanpa ada penjelasan, “mengapa?.” Anda bukanlah tipe orang yang bergerak begitu saja mengikuti arus atau pun duduk manis. Anda juga tak suka mengikuti orang kebanyakan.

2. Mudah Bosan

Anda mudah sekali bosan, dan orang mulai melihat Anda sebagai biang kerok.Namun, tak ada yang salah dengan Anda kecuali bahwa Anda bosan dengan aktivitas yang tak sesuai kemampuan dan tak ada tantangan.

3. Siap Meningkatkan Segalanya

Anda selalu menemukan cara bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik. Ditambah lagi, Anda sering memberi pendapat dan saran mengenai cara melakukan sesuatu lebih baik – meskipun tidak ditanya.

4. Tak Terlalu Pandai Berbincang Ringan

Anda kesulitan berbincang ringan dimana orang kebanyakan nyaman melakukannya. Pola sosial relasi dan membangun hubungan ini nampak bagi Anda sebagai buang-buang waktu dan membuat tidak nyaman.

5. Di-bully Semasa Muda

Anda mungkin pernah dikritik habis-habisan, dicari-cari kesalahannya, atau bahkan di-bully semasa kecil atau remaja. Hal ini mengakibatkan Anda terdorong untuk unggul dan membuktikan kepada dunia bahwa Anda patut diperhitungkan.

6. Obsesif

Anda mungkin dicap obsesif/ kompulsif karena saat telah memulai sesuatu, Anda sullit melepaskannya. Jangan biarkan orang lain meyakinkan Anda bahwa ini semacam penyakit atau pun kekurangan. Semua entrepreneur hebat sepenuhnya terbenam dalam visi mereka.

7. Takut “Bersolo Karir”

Jiwa entrepreneur dalam diri Anda takut untuk mandiri – dan juga takut tak melakukannya. Ketakutan ini sangat umum dalam masyarakat kita karena kita telah dikondisikan untuk berpikir bahwa kewirausahaan lebih beresiko dibandingkan mendapat pekerjaan yang “bagus”. Kenyataannya, keduanya sama-sama memiliki ketidakstabilan.

8. Sulit Melepaskan

Anda sulit tidur di kala malam karena tak bisa berhenti berpikir. Sebuah ide bisa sampai terbawa mimpi. Esok paginya, Anda menemukan diri sendiri masih tenggelam dalam ide, mengalihkan pikiran dari pekerjaan yang mesti diselesaikan.

9. Tidak Seperti Orang Kebanyakan

Anda sering merasa tak terlalu nyaman. Sampai Anda terbiasa dengan ide bahwa Anda nyatanya berbeda dari kebanyakan orang, hal itu bisa terbukti sebagai masalah – atau tepatnya motivasi yang perlu Anda sadari bahwa jiwa entrepreneur dalam diri Anda ingin berkarya.

***

Anda menemukan salah satu dari 9 tanda seorang entrepreneur? Jika begitu, asahlah hingga menjadi kemampuan yang matang, dengan harapan bila saatnya tiba Anda sepenuhnya siap.

 (Foto: entrepreneur.com)