Loading...

Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar? Berikut 10 Cara Mengatasinya

Penulis: Riyadh Rubrik: Kesehatan

Hidup kita saat ini telah meningkat semakin digital. Sementara beberapa orang memandang ini sebagai sesuatu yang bermanfaat, beberapa yang lain menemukannya sebagai hal yang benar-benar mengganggu di mata.

Digital eyestrain/ kelelahan mata digital saat ini merupakan masalah yang umum. Problem mata dan penglihatan dilaporkan terjadi pada 70 sampai 75% pekerja komputer, demikian menurut American Optometric Association, sebagaimana dilansir dalam CNN, Senin (03/02/14).

Sakit kepala, mata perih, mata merah, berair, penglihatan ganda, dan hilangnya fokus, semua itu dikaitkan dengan ketegangan mata digital.

Loading...

Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar

Kabar baiknya, banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya, berikut daftarnya:

1. Istirahat

Beristirahatlah 15 menit sesering mungkin dan fokuskan mata Anda pada objek yang jauh melintasi ruangan. Tindakan ini memberi kesempatan otot yang fokus untuk rileks.

2. Cobalah teknik palming

Tutupi mata Anda dengan menempatkan bagian tengah telapak tangan pada mata. Ambillah napas yang dalam secara perlahan dan relaksasi otot mata Anda. Ini cara yang bagus menyegarkan kembali mata selama proyek panjang menggunakan komputer.

Jaga pundak dan leher tetap rileks. Ketegangan di area ini bakal menyebabkan ketegangan di mata Anda. Sesekali melakuan pijatan pada pundak dan leher juga manjur.

3. Sering-sering mengedipkan mata

Saat mengerjakan pekerjaan digital yang menuntut, tingkat kedipan mata Anda menurun. Usaha sadar mesti dilakukan untuk mengedipkan mata dengan ringan tiap 10 sampai 15 detik.

Tindakan ini melindungi kornea, bagian depan mata, untuk memberinya oksigen dan nutrien – dan perlindungan air mata juga akan mempertajam penglihatan Anda.

4. Gunakan kacamata komputer

Gunakan sepasang kacamata komputer dan bekerjalah pada jarak yang sesuai – 20 sampai 28 inci, tergantung titik pumpun mata (focal point).  Kacamata komputer memiliki titik pumpun yang berbeda dibandingkan kacamata baca.

Kacamata ini dapat mengurangi usaha melakukan fokus yang mengakibatkan ketegangan pada mata. Usaha ekstra untuk fokus mengakibatkan ketegangan pada otot mata, yang sebagai tambahan menyebabkan mata tidak nyaman dan dapat membawa pada peningkatan tekanan pada alat penglihatan.

5. Jaga monitor tetap terang

Langkah ini dapat mengurangi tingkat kerdipan (flicker rate) pada komputer dan mengurangi kelelahan. Kerdipan ini dapat memicu ketegangan mata dan sakit kepala.

Monitor yang terang menyebabkan pupil mengerut dan menghasilkan jangkauan fokus yang lebih luas. Dengan begitu kebutuhan mata berkurang untuk mengakomodasinya dan membuat Anda bekerja lebih lama dengan nyaman.

6. Kurangi cahaya biru di malam hari

Sebuah studi di Harvard mengungkap bahwa cahaya biru di malam hari secara negatif berdampak mengurangi kadar melatonin, yang memiliki efek serius yang merugikan kesehatan. Efek tersebut dikaitkan dengan timbulnya diabetes, obesitas, dan kanker yang meningkat.

Kurangi waktu penggunaan komputer di malam hari atau kenakan kacamata pemblokir cahaya biru. Dengan begitu akan mencegah spektrum cahaya biru yang merugikan di malam hari.

7. Minum vitamin dan mineral

Dengan mempertimbangkan bahwa mata memiliki kebutuhan energi tertinggi pada tubuh, amat penting baginya mendapat asupan vitamin dan mineral yang sesuai.

Amat penting pula untuk memilih vitamin yang menawarkan antioksidan utama serta bahan-bahan yang membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi ketegangan, yang meliputi vitamin A, C, E dengan B kompleks, dan zinc.

8. Homeopati

Konsultasikan dengan praktisi untuk menemukan tingkat terapi yang sesuai keadaan kesehatan Anda. Salah satu pengobatan homeopati yang paling umum digunakan untuk merawat ketegangan mata adalah Ruta Graveolens, tanaman hias yang dapat digunakan merawat urat yang tegang.

Pengobatan ini dapat mengurangi gejala kelelahan mata selama penggunaan panjang komputer.

9. Terangi dengan lampu

Tak adanya cahaya lampu saat menggunakan komputer atau televisi dapat menempatkan mata dalam posisi lebih tegang. Pastikan pencahayaan yang cukup untuk mengurangi kelelahan mata.

10. Periksa posisi komputer

Posisi komputer dapat menambah ketegangan mata. Amat penting bahwa komputer diletakkan pada posisi dan jarak yang jauh, sekitar 20- 28 inchi (sekitar 30 cm) dari mata, tanpa ada cahaya yang menyilaukan. Posisikan ulang komputer Anda untuk menghasilkan kenyamanan mata yang maksimum.

**

Dengan mengikuti tips di atas dapat membantu mengurangi peluang Anda terkena kelelahan mata digital. Anda akan merasa lebih baik dan mampu bekerja lebih lama.

(foto: CNN.com)