Loading...

Ini Dia, Bahan-Bahan 4 Saus Salad Populer di Dunia!

Penulis: Amanda Rubrik: Resep

Bagi anda penggemar salad, salad mungkin tak terasa sempurna tanpa sausnya. Ya, saus salad atau yang biasa disebut salad dressing ini memang dijadikan sebagai pelengkap hidangan salad yang biasa dilumuri di atas potongan sayur mayur dan bahan salad lainnya.

Bagi anda yang  tidak menjadikan salad sebagai hidangan favorit anda, mungkin anda perlu mencoba untuk lebih sering mengonsumsi salad. Selain sangat mudah untuk dibuat, salad mengandung banyak vitamin dan nutrisi bagi kesehatan tubuh dan jauh dari kandungan lemak.

Saus Salad Populer Dunia

Loading...

Orang-orang di benua Eropa dan Amerika biasa menyantap salad di siang hari karena rasanya yang segar. Selain itu, di berbagai hidangan, salad juga sering menjadi ‘teman’ sehingga asupan makanan menjadi seimbang.

Berbicara kembali tentang dressing, di Indonesia mungkin tidak banyak orang mengetahui bahwa saus salad sebenarnya sangat beragam. Kita banyak mengenal mayonaise atau campuran cuka itali dan minyak zaitun saja. Padahal, saus salad ada lebih banyak lagi macamnya.

Dari berbagai macam saus salad, ada 4 macam yang menjadi favorit di dunia, tentu saja karena rasaya yang enak dan juga sehat!

1. Blue Cheese

Di Amerika, saus blue cheese yang digunakan sebagai semacam saus celup untuk salad sudah tidak asing lagi dan sangat populer. Saus ini rasanya asam dan gurih, cocok dengan salad berbahan sayuran an kacang-kacangan.

Saus ini dapat anda buat dengan mencampur bahan-bahan seperti mayones, sour creamyogurtblue cheese, susu, cuka, bawang bombay bubuk, dan bawang putih bubuk.

2. Thousand Islands

Mungkin anda pernah mendengarnya. Saus ini merupakan variasi dari russian dressing yang berwarna pink muda. Nama thousand islands sendiri disebut-sebut karena rasa saus ini sangat beragam, mulai dari manis, gurih dan juga kental.

Bahan dasarnya adalah mayones yang dicampur dengan air jeruk lemon, paprika, sedikit saud BBQ, mustard, cuka, krim, saus sambal dan sari tomat atau tabasco. Untuk lidah orang Indonesia, saus salad yang satu ini memang cocok untuk dipadukan dengan bahan-bahan salad yang direbus.

3. Vinaigrette

Vinaigrette adalah saus salad yang terkenal dengan sebutan french dressing. Ya, saus salad ini memang cukup umum di Prancis. Tampilan saus ini cenderung bening berwarna keemasan, mirip dengan minyak goreng, karena memang bahan dasarnya minyak yang terbuat dari kedelai, zaitun, bunga matahari, biji anggur atau canola.

Saus ini biasanya juga dicampur dengan biji anggur, kacang tanah dan rempah-rempah lainnya. Saus ini cocok untuk hidangan salad yang berbahan dedaunan.

4. Italian Dressing

Hmm! saus salad yang satu ini sangat populer di dunia yang rasanya seakan cocok dengan lidah orang berbagai negara.

Rasanya yang segar, cocok dengan hidangan salad berbahan sayur dan biji-bijian. Tak jauh berbeda dengan french dressing, saus ini terdiri dari minyak sayur, cuka atau perasan lemon, paprika cinang, gula dan garam.

Biasanya italian dressing ditambahkan dengan bawang putih atau bawang bombay untuk memperkuat rasanya.

***

Itulah 4 saus salad yang populer di dunia untuk teman salad agar rasanya semakin kuat. Untuk anda yang mungkin tidak terlalu menyukai rasa dominan sayur pada salad, saus dapat membantu menambah nikmat salad anda. Selamat mencoba!