Loading...

6 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

Tak sedikit dari kita yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Baik itu anjing, kucing, ikan hias, unggas hingga reptil. Memiliki hewan peliharaan yang kita sayangi merupakan harta berharga yang mungkin tidak semua orang bisa memahaminya.

Bagi anda yang memiliki kerabat atau anggota keluarga yang memelihara hewan, jangan heran jika mereka dapat panik bahkan stres jika hewan peliharaannya sakit atau ada yang tak beres. Begitu pula saat mereka menangis bahkan sedih dalam waktu yang lama ketika hewan peliharaan kesayangannya mati.

Itulah rasa cinta yang dimiliki seseorang dengan hewan peliharaannya. Mereka terkadang menganggap hewan tersebut seperti sahabat bahkan anak sendiri. Secara kasat mata mungkin kita tahu bahwa memiliki hewan peliharaan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama di saat kita mengajaknya bermain atau sewaktu merawatnya.

Loading...

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Akan tetapi, ternyata manfaat memiliki hewan peliharaan tidak hanya untuk membuat senang. Berikut adalah fakta menarik tentang manfaat memiliki hewan peliharaan.

1. Menyehatkan Jantung

Tahukan anda? American Journal of Cardiology mengatakan bahwa seseorang yang memelihara hewan peliharaan cenderung memiliki kondisi jantung yang lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh keberadaan hewan peliharaan yang mampu membantu mereka yang sehat maupun yang hidup dengan penyakit melewati masa-masa sulit.

Mungkin anda juga mengalaminya, ketika sedang stress atau sedih, hewan peliharaan dapat menjadi obat mujarab karena tingkah lakunya yang lucu.

2. Memelihara kucing = jantung sehat

Menurut sebuah jurnal kesehatan di Amerika, memelihara kucing dapat menurunkan resiko kematian seseorang paska serangan jantung yang menimpanya sebanyak 40%.

Selain itu, memelihara kucing juga dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung yang lainnya yaitu sebesar 30%.

3. Menurunkan Berat Badan

Tunggu, apa hubungan berat dengan hewan peliharaan? Jika anda memiliki hewan peliharaan, tak jarang anda lebih banyak bergerak aktif misalnya dengan mengajak anjing anda berjalan-jalan, bermain-main dengan si kucing, hingga aktivitas merawat dan membersihkan kandang burung.

Tentu saja hal ini jika anda rajin merawat hewan peliharaan anda dengan baik dan teratur.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolestrol

Sebuah penelitian yang dilakukan Queen’s University, yaitu sebuah universitas di Irlandia Utara, menyebutkan bahwa keberadaan hewan peliharaan dan kegiatan merawatnya dapat meningkatkan aktivitas fisik dan sebagai media untuk membangun kontak sosial.

Oleh sebab itu jangan heran jika banyak orang tua yang hidup sendiri dan memiliki hewan peliharaan.

Kegiatan memelihara dan merawat hewan peliharaan ini berdampak positif bagi keadaan psikologis dan psikologikal yang pada akhirnya akan memperkecil tekanan darah dan kolestrol.

5. Mengurangi Potensi Stress

Adanya hewan peliharaan di rumah atau tempat tinggal anda ternyata dapat mengurangi potensi stres yang timbul dan juga meningkatkan motivasi kita untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga membuat seseorang tidak mudah bosan dan kesepian.

Sebuah jurnal kesehatan internasional menyebutkan bahwa mengelus-elus hewan perliharaan dapat meningkatkan hormon okitosin dan serotonin yang dapat memberikan perasaan nyaman pada seseorang.

6. Melatih Tanggung Jawab

Tentu saja, merawat dan memelihara hewan peliharaan tidak semudah itu. Oleh sebab itu keputusan memiliki hewan peliharaan harus dibarengi dengan rasa tanggung jawab yang besar.

Dengan memiliki hewan peliharaan, secara otomatis seseorang dapat melatih rasa tanggung jawabnya untuk tetap menjaga hewan tetap sehat dan bersih.

***

Itulah 6 manfaat memiliki hewan peliharaan. Manfaat yang besar juga dapat dirasakan anak-anak untuk melatih disiplin dan rasa tanggung jawab sejak dini. Jadi, rawatlah hewan peliharaan anda dengan baik.