Loading...

7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Wanita

Banyak orang menyimpan sayuran, minuman, buah-buahan dan makanan lainnya di kulkas karena cenderung praktis dan hawa dingin di kulkas membuat orang berpikir bahwa dengan menyimpan bahan-bahan makanan tersebut, dapat tetap menjadikannya segar.

Terlebih di Indonesia yang berhawa cukup hangat, kita seakan ingin selalu memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas agar dingin dan juga terlihat rapi, daripada terletak begitu saja di dapur.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas

Loading...

Namun yang mungkin anda belum ketahui, ada beberapa jenis sayuran dan bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas dan justru lebih baik diletakkan dalam suhu ruangan.

Apa saja bahan makanan tersebut? Berikut ulasan untuk anda.

1. Alpukat

Jika anda membeli alpukat yang belum matang alias masih keras, sebaiknya jangan simpan di kulkas karena akan memperlambat proses pematangan.

Namun lain halnya jika anda membeli alpukat yang telah matang dan tak ingin cepat membusuk, anda dapat memasukkannya ke dalam kulkas.

2. Bawang

Tahukan anda bahwa bawang keluar dari tanah dengan kulit pelindung yang cukup tipis untuk menjaga isinya?

Untuk tetap menjaga kualitas isi bawang, sebaiknya letakkan bawang di tempat yang kering seperti lemari penyimpanan atau di atas meja dapur yang bersuhu ruangan.

Kulkas walaupun dingin namun dinilai lembab karena terdapat bahan makanan lainnya dan dapat membuat bawang menjadi cepat busuk.

Saat menyimpan bawang dalam suhu ruangan, sebaiknya letakkan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membuat bawang menjadi pahit.

3. Tomat

Jika anda menyukai tomat untuk dimakan mentah-mentah, maka sebaiknya anda tidak menyimpannya di kulkas.

Menyimpan tomat di kulkas akan membuatnya lebih cepat busuk karena sebenarnya tomat bukanlah jenis buah yang tahan suhu dingin.

Simpanlah tomat di tempat yang sejuk dan kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jika anda menggunakan tomat untuk keperluan memasak, maka menyimpannya dalam kulkas tidak menjadi masalah.

4. Kemangi

Kemangi merupakan sayuran yang menyukai udara panas. Maka itu bukanlah hal yang tepat menyimpan daun kemangi dalam kulkas.

Sebaiknya letakkan kemangi di atas meja dapur dan rawatlah seperti bunga segar dengan menyimpannya dalam sebuah cangkir berisi air, dan mengganti air tersebut setiap hari atau dua hari sekali.

Jika anda menyimpannya dalam wadah plastik, pastikan wadah tersebut mempunyai lubang untuk jalan masuk udara segar.

5. Kentang

Kentang maupun jenis umbi-umbian lainnya memang baik jika disimpan pada suhu ruangan yang berkisar antara 7 hingga 10 derajat. Namun, kentang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Di Eropa misalnya, orang menyimpan kentang dalam ruangan khusus untuk menyimpan makanan seperti di ruangan bawah tanah karena suhu yang pas.

Namun kentang sebaiknya tidak disimpan di kulkas karena dapat mengubah zat tepungnya menjadi gula lebih mudah, dan hal tersebut dapat mempengaruhi rasa, tekstur hingga proses pematangan kentang.

6. Roti

Roti sebaiknya tidak disimpan di kulkas karena akan menjadikannya kering.

Jika anda memiliki toaster atau pemanggang roti otomatis, anda dapat membuat roti awet jika anda menyimpannya di dalam freezer dan anda dapat memangganggnya saat ingin dimakan.

7. Minuman Bubuk

Susu bubuk, kopi maupun bumbu lainnya yang berbentuk bubuk sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena akan mempengaruhi rasa dan kualitas produk tersebut.

***

Itulah 7 jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Periksa kembali isi kulkas anda dan pisahkan mana yang dapat anda simpan di tempat lainnya. Semoga bermanfaat.

(foto: shutterstock.com)