Loading...

Tips Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Tips Untuk Mengembalikan Kesehatan JantungPenyakit jantung meningkat karena pengaruh gaya hidup yang salah dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Makanan kaya lemak jenuh adalah penyebab utama di balik meningkatnya kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Ada banyak cara untuk membalikkan penyakit jantung. Rahasianya adalah dengan mengontrol makanan dan mengubah gaya hidup Anda. Kita dapat memantau perubahan dengan mengukur tekanan darah dan denyut jantung, melalui penyelidikan seperti pemeriksaan kolesterol darah, studi doppler, dan echocardiogram.

Dilansir dari Newsmax Health, salah satu metode terbaik untuk membalikkan penyakit jantung adalah dengan mengontrol makanan Anda. Makanan Anda memainkan peran penting dalam mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

Loading...

Makanan yang kaya asam lemak omega-3 sangat ideal untuk mengendalikan penyakit kardiovaskular. Ikan dalam makanan Anda adalah pilihan yang sehat untuk mencegah penyakit kardiovaskular.  Memasukkan bawang putih dan fenugreek juga merupakan pilihan yang sehat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol darah. Anda juga dapat membalikkan tekanan darah dengan mengurangi asupan garam dalam makanan Anda.

Hindari Rokok

Merokok menyebabkan peradangan pada arteri, dan racun seperti nikotin dan gas lainnya yang jelas buruk bagi kesehatan jantung. Berhenti merokok dapat membalikkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan detak jantung dalam beberapa menit. Hal ini dapat membalikkan resiko kardiovaskular dalam setahun. Manfaat lainnya adalah mengurangi resiko asma, bronkitis, dan kanker.

Mengelola Stres

Stres dapat menyebabkan kerusakan yang luar biasa bagi sistem kardiovaskular. Tekanan darah angina dan banyak kondisi lainnya terkait dengan tingkat stres yang tinggi. Tingkat stres yang terkendali membuat hidup kita sehat dan menyenangkan.

Mulailah membiasakan diri untuk melakukan meditasi, latihan pernapasan, atau terlibat dalam pekerjaan sosial untuk mengurangi stres.

Olahraga

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dapat beralih ke latihan kardiovaskular, aerobik, atau bahkan yoga. Berolahraga dapat membalikkan penyakit jantung dengan mengendalikan sirkulasi, mengurangi kolesterol, stres, dan obesitas.

Setelah serangan akut beberapa penyakit kardiovaskular, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum memulai latihan.

Turunkan Berat Badan

Penyakit kardiovaskular lebih banyak terjadi pada orang gemuk. Obesitas meningkatkan resiko hipertensi, diabetes, dan kanker. Manajemen yang tepat waktu terhadap berat badan untuk jantung sehat sangat dianjurkan oleh semua dokter.

Disarankan untuk membalikkan penyakit jantung dengan menurunkan berat badan di awal. Hal ini penting untuk membalikkan kebiasaan buruk Anda yang mengarah ke obesitas untuk mencegah penyakit jantung.

Menjaga jantung Anda tetap sehat adalah penting untuk kesehatan dan stamina Anda secara keseluruhan. Langkah-langkah sederhana dapat menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam kesehatan jantung dan membalikkan masalah kardiovaskular dengan waktu.