Loading...

Jauhi 5  Jenis Makanan Penyebab Munculnya Jerawat Ini!

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering menghantui para wanita dan remaja pada umumnya. Jerawat benar-benar dapat merusak kepercayaan diri Anda dan membahayakan kulit jika tidak ditangani secara tepat.

Menghilangkan jerawat tidak hanya dilakukan dengan cara rajin membersihkan wajah setiap harinya, ataupun melakukan diet. Makanan yang Anda konsumsi juga ternyata memiliki pengaruh besar untuk menimbulkan jerawat pada wajah.

Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

Loading...

Karena itu, untuk Anda yang ingin terhindar dari jerawat, beberapa jenis makanan di bawah ini sebaiknya Anda hindari.

1. Makanan Manis

Salah satu penyebab timbulnya jerawat diketahui berasal dari makanan manis. Makanan manis seperti gula dapat menyebabkan jerawat. Tingginya tingkat insulin dalam tubuh dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat.

Jika Anda pencinta makanan manis, ganti makanan Anda dengan ubi jalar atau blewah. Kedua makanan ini merupakan bahan makanan yang kaya akan sumber beta-karoten yang dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

2. Susu

Jika dalam program diet Anda mengonsumsi banyak susu diet, maka jangan heran jika jerawat akan muncul pada wajah cantik Anda.

Meskipun pemenuhan kalsium harian untuk tubuh dan tulang sangat diperlukan, Anda dapat megganti susu dengan beberapa jenis sayuran hijau seperti collard hijau, brokoli, kale, dan kedelai.

3. Kafein

Kopi hitam dapat menjadi salah satu pemicu jerawat karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan membuat Anda menjadi stres.

Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, maka cara terbaik adalah menghindari kafein sementara waktu. Anda dapat mengganti kafein dengan minuman lainnya seperti teh herbal atau kopi seperti teeccino.

4. Makanan Olahan

Saat wajah Anda berjerawat, jenis makanan yang dikonsumsi sangat penting untuk diperhatikan seperti perbanyak mengkonsumsi makanan segar dan yang berasal dari tumbuhan organik.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi akan tingkat iglikemik, asin atau glutenous, maka dapat mempengaruhi hormon pada tubuh dan tingkat gula darah pada tubuh. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan tingginya tingkat insulin dan menyebabkan bakteri yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

5. Fastfood (Makanan Siap Saji)

Jika setiap harinya Anda hanya mengkonsumsi makanan siap saji yang mengandung akan minyak, maka tidak dapat diragukan lagi ini akan membuat kulit Anda berjerawat. Anda dapat mengkonsumsi makanan siap saji, tetapi penting untuk Anda memilih dengan tepat.

Salah satu contoh fastfood yang dapat Anda konsumsi yaitu salad dalam bentuk kemasan yang dapat Anda peroleh dari supermarket.

6. Alkohol

Ada berbagai macam penelitian yang menunjukkan bahwa racun seperti tembakau dan alkohol menjadi salah satu dari penyebab terjadinya jerawat. Jadi, jika Anda salah satu pecandu rokok atau memiliki kebiasaan minum alkohol yang berlebihan, maka akan  lebih sulit bagi Anda untuk melawan jerawat.

**

Demikian 6 jenis makanan yang dapat membuat kulit cantik Anda berjerawat. Lakukan pola hidup sehat akan lebih membantu menghilangkan jerawat dan juga membuat tubuh lebih sehat dari dalam.

Perbanyak minum air putih dan pola tidur yang tepat juga dapat membantu menyingkirkan jerawat. Menyingkirkan jerawat bukan hanya dari luar, namun perawatan dari dalam juga penting. Semoga bermanfaat.