Loading...

7 Cara Mudah Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penulis: Rin Rubrik: Kesehatan

Di musim hujan ini, penyakit sangat mudah muncul karena cuaca yang dingin. Itu karena virus cenderung berkembang dalam cuaca dingin, sehingga kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga terhindar dari penyakit yang biasa datang pada musim hujan.

Kekebalan tubuh sangat penting untuk menunjang kesehatan kita dalam kehidupan sehari-hari. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat menangkal berbagai penyakit yang timbul karena perubahan cuaca dan polusi, seperti flu.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Loading...

Berikut adalah tips-tips mudah yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda:

1. Makan sehat

Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, maka penting sekali untuk makan dengan benar dan berbahan sehat. Makanlah secara teratur, yang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Perbanyak makan buah dan sayuran, seperti brokoli, wortel dan anggur. Brokoli dan wortel adalah antioksidan yang sangat hebat dalam menangkal berbagai penyakit. Segelas jus wortel sehari membuat daya tahan tubuh Anda selalu terjaga.

Anggur kaya vitamin C dan flavanoid yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Selain itu, rasa manis alami dari anggur membantu Anda untuk menghindari makanan dengan gula buatan, seperti minuman bersoda dan permen.

Tidak hanya anggur yang memiliki efek antioksidan, buah-buahan lain yang kaya vitamin C seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan jeruk. Segelas air jeruk tanpa gula menjadi minuman alkali yang menjaga keseimbangan asam-basa di dalam darah.

2. Olahraga teratur

Salah satu cara terbaik dan paling mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan olahrag sesering mungkin. Banyak olahraga ringan yang bisa Anda coba, seperti jogging, jalan cepat, dan lain-lain.

Olahraga melancarkan peredaran darah yang memungkinkan tubuh menghasilkan antivirus alami.

3. Jaga kebersihan

Selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dan sering mencuci tangan sangat membantu menjaga Anda dari serangan virus.

Dalam cuaca dingin seperti ini, mandilah dengan air hangat yang akan membuat tubuh Anda lebih segar dan sehat.

Jangan lupa mencuci tangan Anda, terutama setelah bersentuhan dengan tempat-tempat umum yang rentan banyak kotoran dan virus. Setelah Anda berolahraga atau pergi ke tempat fitness, jangan lupa mandi sesegera mungkin setelah keringat kering, mencuci pakaian dan peralatan olahraga Anda.

6. Hindari Alkohol dan rokok

Ini menjadi poin yang sangat penting. Seberapa banyak tips kesehatan yang Anda ikut, tetap tidak ada gunanya jika Anda sering merokok dan minum alkohol.

Rokok dan alkohol menghancurkan pertahanan tubuh secara cepat, bahkan jika Anda sudah melakukan berbagai tips menjaga kekebalan tubuh dalam waktu lama.

7. Hindari stres

Stres bisa dibilang sebagai pembunuh sistem kekebalan tubuh. Anda mungkin tidak menyadarinya. Coba untuk menghindari momen-momen yang membuat Anda stres yang tidak perlu.

Atau mungkin Anda membutuhkan latihan pernafasan atau yoga untuk membantu menangkal stres yang menyerang.

7. Istirahat dan tidur yang cukup

Setelah semua tips di atas Anda lakukan, pastikan istirahat dan tidur Anda adalah cukup. Tidur akan membuat energi Anda kembali terisi untuk siap menjalani hari esok.