Loading...

5 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Dengan Anak

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

Mungkin Anda sering merasa bahwa 24 jam dalam sehari tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Terutama bagi orangtua yang memiliki anak namun juga menghabiskan waktu untuk berkarir.

Kesibukan yang begitu padat terkadang membuat seseorang lupa untuk merelakan sedikit waktunya bersama anak, padahal si kecil akan menganggap waktu yang Anda luangkan sebagai hadiah yang paling berharga.

Menghabiskan Waktu Berkualitas Dengan Anak

Loading...

Jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda, Anda akan kehilangan masa-masa penting pertumbuhan mereka. Ketidakhadiran orang tua dapat membuat anak-anak merasa kesepian dan menganggap bahwa dirinya dihindari, yang selanjutnya memiliki kemungkinan untuk menimbulkan kondisi yang serius seperti depresi di masa depan.

Anda tentu saja tidak ingin menjadi seperti orang asing di mata anak, karena mereka tidak memiliki ingatan atau memori yang indah tentang Anda. Yang pasti, tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi.

Untuk menghindari masalah-masalah seperti ini, penting untuk mengetahui bagaimana cara paling tepat menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda. Di sinilah Anda bisa menemukan beberapa ide yang akan membantu Anda menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda di tengah-tengah jadwal sibuk Anda.

Bermain dengan mereka

Hal ini mungkin tampaknya menjadi ide yang sederhana, tetapi efeknya mampu membuat anak-anak Anda merasa sangat senang jauh dari yang Anda bayangkan. Cobalah untuk sesekali mengajak anak Anda bermain dengan cara yang kreatif, misalnya berikan mereka potongan-potongan puzzle lalu beri mereka misi untuk menyelesaikannya, ini adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan kreatifitas anak.

Anda juga dapat mengajaknya bermain di taman sambil memberi mereka informasi tentang berbagai jenis bunga yang ada disana. Hal ini akan membuat waktu bermain menjadi lebih menyenangkan dan informatif bagi anak-anak Anda.

Mengadakan piknik

Tak akan ada anak yang tidak suka bepergian. Jika Anda bingung tentang bagaimana cara tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda, salah satu pilihan terbaik adalah untuk mendedikasikan akhir pekan Anda setidaknya sekali dalam dua bulan untuk piknik.

Hal ini akan memberikan waktu yang berkualitas untuk mempererat ikatan keluarga Anda.

Makan malam bersama

Kebanyakan anak akan menghabiskan makan malam mereka di depan televisi sambil menikmati acara kesukaan mereka. Ini merupakan kebiasaan yang kurang baik. Makan malam adalah waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga.

Anda bisa membiasakan anak untuk makan bersama seluruh anggota keluarga sambil bercerita tentang hari mereka di sekolah. Dijamin, hal ini akan menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu anak Anda.

Tata ulang daftar prioritas Anda

Jika Anda tidak menghabiskan sedikit saja waktu dengan anak Anda, hal itu menandakan bahwa Anda menggunakan waktu yang ada untuk sesuatu yang lain. Jadi, pertimbangkanlah untuk menata ulang prioritas Anda, keluarga ataukah pekerjaan.

Masukkan kegiatan yang akan Anda lakukan bersama anak Anda pada daftar teratas dalam jadwal Anda.

Usahakan untuk mengobrol dengan anak

Anda menghabiskan waktu dengan bekerja, semua itu Anda lakukan untuk memenuhi segala keperluan anak. Sayangnya terkadang Anda tidak sadar bahwa yang anak perlukan adalah sosok orang tua yang selalu ada untuk mereka.

Entah itu saat waktu makan malam tiba, ataukah saat anak sedang asik menonton televisi, usahakan untuk meluangkan sedikit saja waktu Anda untuk berbincang dengan anak. Tanyakan apa saja yang mereka lalui seharian itu, apa saja yang mereka sukai atau hal lain yang berkaitan dengan minat mereka.

Perhatian kecil ini akan bermakna sangat besar bagi anak Anda. Tidak ada yang lebih baik daripada menghabiskan waktu berkualitas bersama anak.