Loading...

Ini Dia, Camilan Sehat di Malam Hari

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Wanita

Mungkin anda pernah mengalaminya, saat larut malam tiba-tiba lapar dan ingin mengisi perut dengan makan camilan.

Atau saat anda melakukan aktivitas santai di malam hari seperti menonton tv, menonton film, bermain game dengan teman-teman hingga sekerdar mengobrol hingga larut malam, adanya camilan semakin ‘pendamping’ kegiatan tersebut memang sangat menyenangkan.

Camilan Sehat di Malam Hari

Loading...

Camilan memang identik dengan makanan kecil yang tidak sehat karena biasanya camilan itu manis, asin dan juga mengandung banyak lemak sehingga orang menyebut jangan suka ngemil jika tidak ingin gemuk.

Sebenarnya camilan juga dapat berdampak positif bagi tubuh jika dikonsumsi untuk mengganjal perut sewaktu tidak terlalu lapar dan ingin makan dalam porsi normal. Namun, camilan tersebut tentu haruslah sehat agar tidak membuat berat badan bertambah.

Adakah camilan enak namun tetap sehat untuk dikonsumsi malam hari? Berikut ulasannya.

1. Susu

Ya, susu sebagai camilan sehat tepat untuk dikonsumsi di malam hari. Anda dapat menyajikannya dingin atau panas, namun usahakan tidak mencempurnya dengan gula.

Susu dikenal mengandung asam amino yang dapat membuat tidur anda lebih nyenyak dan juga kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang.

2. Buah-buahan

Sehat dan lezat, itulah buah-buahan. Anda dapat memakannya sebagai camilan sehat seperti apel, jeruk, dan buah-buahan lainnya yang anda suka.

Pilih buah-buahan yang memiliki rasa cenderung manis daripada asam atau kecut sehingga tidak mengganggu perut anda. Buah-buahn tersebut juga dapat anda padukan dengan madu atau yoghurt yang lezat.

3. Popcorn

Ya, popcorn adalah salah satu camilan populer terutama untuk teman menonton film atau televisi. Ternyata, selain rasanya yang lezat, popcorn juga dikenal sehat karena mengandung serat yang tinggi.

Popcorn dapat anda buat dari popcorn dalam kemasan praktis yang hanya perlu dipanaskan di microwave. Selain itu, anda juga dapat membuatnya dalam panci. Selain praktis, popcord memang tepat dimakan bersama dengan teman-teman dan keluarga.

Untuk membuat popcorn yang sehat, sebaiknya tidak mencampurnya dengan mentega.

4. Sayuran

Sayuran tentu dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai macam sayuran dapat anda konsumsi sebagai camilan sehat di malam hari.

Jika anda tidak biasa memakan sayuran begitu saja, anda dapat membuat salad sayur dengan taburan kacang dan saus yang lezat, atau dengan menambahkan saus sesuai selera.

Beberapa sayuran yang praktis dimakan sebagai camilan adalah wortel yang dipotong kecil-kecl dan memanjang, tomat dan mentimun.

5. Biskuit

Biskuit dapat anda jadikan camilan di malam hari yang lezat dengan dicelupkan ke teh atau susu hangat.

Pilihlah biskuit yang tidak banyak mengandung gula dan lebih baik yang terbuat dari bahan gandum, karena mengandung serat tinggi yang baik bagi tubuh.

6. Sereal

Sereal identik dengan pagi hari sebagai sarapan. Namun, anda juga dapat memakannya sebagai camilan di malam hari. Anda dapat memakannya dengan atau tanpa susu, sesuai selera anda.

Cornflakes adalah salah satu jenis sereal yang tepat dikonsumsi sebagai camilan sehat dan lezat.

***

Itulah  6 camilan yang tidak hanya lezat namun juga sehat sebagai teman malam anda. Selamat menikmati!