Loading...

6 Bahan Makanan yang Baik Untuk Metabolisme tubuh

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Makanan yang Baik Untuk Metabolisme tubuhKata metabolisme tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Metabolisme merupakan salah satu faktor kunci untuk kesehatan .

Metabolisme anda adalah mekanisme dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pengeluaran kalori dan lemak ketika pasokan kalori habis.

Orang sehat cenderung memiliki metabolisme lebih baik dan efisien yang bekerja lebih saat tubuh beristirahat dan akan dibebankan saat sedang tidak makan.

Loading...

Meskipun metabolisme bukanlah satu-satunya faktor yang berkontribusi dalam tubuh, namun tak dapat dipungkiri bahwa apa yang anda makan membuat perbedaan besar dalam bagaimana metabolisme Anda berfungsi. Semakin banyak makanan berkualitas tinggi yang anda makan , semakin baik metabolisme anda akan berjalan.

Makanan apa saja yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh anda? Berikut ulasannya.

1. Gandum dan Biji-Bijian

Mungkin sudah bukan hal yang asing lagi jika gandum dipercaya baik untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk tubuh, terutama dalam program diet seseorang.

Gandum tentu populer sebagai makanan yang sehat, dan memang ada alasan yang baik untuk itu. Namun, biji-bijian juga sangat bermanfaat bagi anda jika dibandingkan dengan produk biji-bijian sangat halus atau yang sudah diproses menjadi bubuk yang membentuk sebagian besar dari makanan kita hari ini .

Biji-bijian akan meningkatkan metabolisme anda, karena mereka penuh dengan segala macam serat kebaikan dan karbohidrat kompleks. Selain itu, biji-bijian juga membuat pembakaran energi anda dalam keadaan baik.

Anda dapat menkonsumsinya secara terpisah maupun dalam campuran makanan seperti sereal dan roti.

2. Makanan Pedas

Beruntunglah kita orang Indonesia, karena makanan pedas sangat mudah didapatkan.

Ya, makanan pedas yang kaya akan merica maupun cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. Jika anda termasuk orang yang tidak tahan pedas, anda dapat juga mengonsumsi bahan makanan ‘panas’ lainnya yang kaya capsaicin, seperti bawang putih, jahe dan cuka.

3. Kafein

Kafein memang dikenal tidak baik untuk kesehatan. Namun penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dalam jumlah sedang dan tidak berlebih, sebenarnya memiliki efek positif pada metabolisme anda.

Selain dalam kopi, kafein juga terdapat dalam teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa dua sampai empat cangkir teh per hari dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

4. Apel

Buah-buahan berserat seluruh seperti apel dan pir dapat membantu program diet anda dan juga menjadi kudapan alternativ yang sehat untuk menjaga metabolisme anda.

Ini dimulai ketika anda sedang makan, energi lebih banyak keluar dengan menggigit dan mengunyah yang diperlukan untuk memecah sebuah apel daripada makanan yang lebih lunak.

Isi seratnya juga membutuhkan lebih banyak energi untuk dipecah, yang merupakan bagian penting untuk memiliki metabolisme yang lebih baik.Selain itu, buah-buahan ini juga akan membuat anda merasa lebih kenyang lebih lama.

5. Coklat Hitam

Coklat hitam atau yang dikenal dengan sebutan dark chocolate dipercaya mengandung kafein dan catechin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan juga memperbaiki suasana hati anda.

6. Almond

Kacang almond sangat populer dalam bidang kesehatan karena dipercaya kaya akan asam lemak esensial, vitamin dan nutrisi, juga serat dan protein yang baik bagi tubuh untuk menjaga metabolisme.

Produk berbahan almond dapat anda temukan dalam sereal dan juga susu.

***

Itulah 6 bahan makanan yang dapat menjaga metabolisme tubuh dengan baik agar anda senantiasa sehat dengan berat badan ideal. Semoga bermanfaat.