Loading...

6 Nutrisi Untuk Rambut Sehat

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

6 Nutrisi Untuk Rambut SehatRahasia untuk mendapatkan helai rambut yang kuat dan berkilau bukanlah shampoo mahal atau perawatan rambut di salon mewah, itu semua tentang diet Anda, apa yang Anda makan.

Mengonsumsi berbagai makanan sehat akan memberikan rambut indah yang selalu Anda impikan.

Nah, berikut adalah 6 nutrisi untuk mendapatkan rambut sehat, dilansir dari Health.com:

Loading...

Besi dan Seng

Besi dan seng membantu folikel rambut untuk tumbuh, kata Wilma Bergfeld, MD, dermatolog di Cleveland Clinic. Bergfeld menyarankan untuk mengonsumsi daging merah tanpa lemak, yang kaya akan kedua nutrisi, dua kali seminggu.

Anda dapat memilih sumber besi dan seng bukan daging seperti kedelai atau kacang, dengan makanan kaya vitamin C seperti jeruk untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Vitamin D

Beberapa studi telah menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mengaktifkan pertumbuhan rambut. Namun, vitamin D sedikit rumit. Beberapa makanan mengandung vitamin D secara alami, dan meskipun duduk di bawah sinar matahari selama beberapa menit selama sehari dapat membantu tubuh Anda memproduksi lebih dari itu, banyak ahli yang tidak merekomendasikannya karena meningkatnya paparan sinar UV yang berbahaya. Ambillah suplemen 1.000 IU setiap hari.

Protein

Protein adalah salah satu blok bangunan kehidupan, meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan sel – dan meningkatkan kekuatan rambut Anda juga! Wanita harus mendapatkan setidaknya 46 gram per hari (3 ons ayam memiliki sekitar 23 gram).

Jadi berapa banyak protein yang wanita butuhkan? Menurut Tara Dellolacono Thies, seorang ahli diet terdaftar dan juru bicara gizi untuk Clif Bar, kebanyakan wanita membutuhkan antara 50 dan 60 gram protein per hari.

Kebanyakan orang mendapatkan cukup protein, tetapi penting untuk menyertakan protein yang lengkap, yang berisi sembilan asam amino esensial. Sumber protein yang lengkap termasuk daging, ikan, telur, produk susu, dan kedelai.

Dan meskipun daging mengandung protein dalam jumlah tinggi, pastikan untuk mempertimbangkan berapa banyak lemak jenuh dalam piring Anda. Satu porsi steak dapat berisi hingga 75 persen lemak jenuh untuk hari itu!

Asam Lemak Omega-3

Konsumsi ikan berlemak (seperti salmon) dua kali seminggu untuk mendapatkan rambut terhidrasi, atau ambil hingga 1 gram suplemen DHA dan EPA setiap hari. Selain rambut halus, omega-3 juga dapat membantu meringankan depresi dan terbukti membantu hati.

Biotin

Telur kaya akan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan ini. (Telur juga merupakan sumber protein, kolin, dan vitamin D.) Anda bukan penggemar telur? Well, Anda juga bisa mengambil 30 mcg suplemen harian.