Loading...

Tips Rileks dalam Waktu 5 Menit

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Tips Rileks dalam Waktu 5 Menit Ada 364 email baru di kotak masuk, celana panjang yang baru Anda beli terkena noda kopi, dan panggilan konferensi berikutnya akan dimulai dalam waktu lima menit. Dengan kata lain, waktunya untuk bersantai.

Ketika kita merasa lelah, mungkin hanya ber-akhir-pekan di sebuah resor pantai yang dapat menenangkan saraf kita. Tapi tidak selalu ada waktu untuk melakukan tanning, tidur, makan, atau bahkan pergi ke kamar mandi.

Nah, berikut adalah 20 cara untuk menghilangkan stres hanya dalam waktu lima menit atau kurang, dilansir dari Womenshealthmag.com:

Loading...

Celupkan Teh Hijau

Daripada berwajah ungu karena amarah, buatlah secangkir teh hijau herbal. Teh hijau merupakan sumber L-Theanine, bahan kimia yang membantu meredakan kemarahan. Rebus air, tuangkan, dan sesap dengan tenang.

Ngemil Cokelat

Sekotak (sekitar 1,4 ons) hal-hal yang manis saja sudah dapat menenangkan saraf Anda. Dark chocolate mengatur kadar hormon stres, kortisol, dan menstabilkan metabolisme.

Sesapi Madu

Gantikan stres dengan sesuatu yang manis dan cobalah sesendok madu. Selain pelembab kulit alami dan antibiotik, madu juga menyediakan senyawa yang mengurangi peradangan di otak, yang berarti melawan depresi dan kecemasan.

Sepotong Mangga

Ambillah liburan tropis tanpa meninggalkan meja kerja Anda. Gunakan lima menit istirahat untuk mengupas, mengiris, dan menggigit mangga, yang membungkus senyawa yang disebut linalool yang membantu menurunkan tingkat stres.

Kunyah Permen Karet

Rasa mint, buah, atau rasa apa saja, permen karet adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengalahkan stres. Hanya dengan mengunyah selama beberapa menit dapat mengurangi kecemasan dan menurunkan tingkat kortisol.

Ngemil Camilan Renyah

Kadang-kadang tidak ada yang lebih memuaskan daripada mengunyah camilan renyah saat sedang stres – satu studi menemukan bahwa orang dewasa yang stres mendambakan makanan ringan renyah dan asin lebih dari biasanya. Tapi itu camilan asin tersebut tidak harus begitu manis.

Meditasi

Tidak perlu pergi ke pegunungan, yang dibutuhkan hanyalah keheningan selama lima menit. Ada bukti bahwa dengan hanya dua meditasi singkat per hari bisa meredakan stres dan depresi. Cari tempat yang nyaman dan tenang, berkonsentrasilah pada napas Anda, dan rasakan kecemasan Anda mulai menghilang.

Baringkan Kepala pada Bantal

Ada saat dimana hal yang benar-benar kita butuhkan adalah tidur siang yang panjang dan nyaman. Tapi tidak selalu mungkin untuk mulai mendengkur di tengah-tengah kantor.

Jika Anda punya bantal, Anda sudah berada di jalan menuju relaksasi. Cobalah teknik visualisasi ini: Baringkan kepala Anda selama beberapa menit dan bayangkan bantal adalah spons yang menghisap habis semua kekhawatiran Anda.

Ingat untuk Bernapas

Apakah ada cara yang lebih sederhana untuk rileks? Bernapas lambat dan dalam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Anda bisa mencoba pernapasan pranayama, metode yoga yang melibatkan bernapas melalui satu lubang hidung pada suatu waktu untuk mengurangi kecemasan. Teknik ini seharusnya bekerja dengan cara yang sama seperti akupuntur, menyeimbangkan pikiran dan tubuh.

Coba Relaksasi Progresif

Hanya memeras, melepaskan, dan ulangi. Relaksasi progresif melibatkan peregangan otot di salah satu bagian tubuh pada satu waktu untuk mencapai keadaan tenang. Metode ini merupakan cara yang baik untuk membantu tidur.

Berhitung Mundur

Tidak, ini bukan tes IQ, tetapi cara untuk bersantai. Ketika kekhawatiran merajalela, cobalah perlahan-lahan menghitung sampai 10 dan kemudian hitung mundur untuk menenangkan diri.

Gunakan Visualisasi Kreatif

Bel pintu berdering. Ternyata Lee Min Ho, dan dia ingin tahu apakah Anda bersedia menikah dengannya. “Ya!” Anda berteriak dan kemudian – maaf, waktunya habis.

Lamunan kecil, juga dikenal sebagai “visualisasi kreatif,” melibatkan memikirkan sesuatu yang membuat kita merasa bahagia. hal ini mendorong suasana hati secara instan pada hari-hari sibuk ketika kita merasa tegang.

Menutup Mata

James Taylor bertutur: Anda bisa menutup mata Anda, tidak apa-apa. Ambil istirahat sebentar dari kantor yang sibuk atau rumah tangga yang kacau dengan hanya menurunkan kelopak mata Anda. Ini cara mudah untuk mendapatkan kembali ketenangan dan fokus.

Lakukan Pijatan Tangan

Ketika tidak ada tukang pijat profesional, cobalah melakukan pijat tangan sendiri untuk relaksasi instan, menenangkan hati berdebar-debar. Pijat dapat sangat membantu bagi orang-orang yang menghabiskan banyak waktu mengetik pada keyboard.

Tangan pada umumnya dapat membawa banyak ketegangan. Terapkan beberapa lotion dan mulai memijat pangkal otot di bawah ibu jari untuk menghilangkan stres pada bahu, leher, dan kulit kepala.

Coba Akupresur

Tekanan untuk memenuhi tenggat waktu dapat menyebabkan stres, tapi akupresur dapat membantu melepaskan semua ketegangan itu. Akupresur adalah semacam terapi sentuh yang bekerja dengan menyeimbangkan sirkulasi cairan dan energi dalam tubuh.

Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memijat daerah lunak antara ibu jari dan jari telunjuk dari sisi lain. Oleskan minyak lavender untuk relaksasi ekstra.

Gosok Kaki dengan Bola Golf

Anda bisa mendapatkan pijatan kaki dengan hanya menggosok kaki Anda bolak-balik dengan bola golf.

Remas Bola Stres

Pada hari-hari ketika Anda ingin mencekik rekan kerja, sahabat, atau pengemudi di jalur berikutnya, peras bola stres sebagai gantinya. Ini adalah cara yang mudah, portabel, dan tidak melibatkan kekerasan untuk meredakan ketegangan.

Teteskan Air Dingin pada Pergelangan Tangan

Lewatkan parfum dan lakukan dengan air. Ketika stres menyerang, pergilah ke kamar mandi dan teteskan air dingin pada pergelangan tangan dan di belakang telinga Anda. Ada arteri utama tepat di bawah kulit, sehingga pendinginan pada daerah-daerah tersebut dapat membantu menenangkan seluruh tubuh.

Menyisir Rambut

Gerakan yang berulang seperti menyisir rambut, mencuci piring, atau merajut dapat menjadikan tubuh lebih rileks.

Menyendiri

Menghabiskan waktu lima menit sendirian dapat membantu mengumpulkan dan menjernihkan pikiran Anda.