Loading...

8 Tips Untuk Merawat dan Membersihkan Perabot Kayu

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Desain

Apakah Anda berpikir untuk membuang lemari atau perabot kayu tua Anda untuk mendapatkan lemari yang baru? Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya untuk menyimak artikel ini terlebih dahulu.

Jika Anda siap untuk menghabiskan beberapa waktu dan sedikit usaha, Anda bisa membuat lemari kayu Anda terlihat seperti baru. Hal ini cukup penting untuk Anda ketahui guna menghemat anggaran belanja Anda.

Merawat dan Membersihkan Perabot Kayu

Loading...

Membersihkan lemari kayu bukanlah tugas yang sulit jika Anda tahu beberapa tips dan trik yang tepat. Berbeda halnya dengan lemari yang terbuat dari logam atau bahan lainnya, lemari kayu memang perlu diberikan perhatian dan perawatan yang lebih.

Jika tidak menggunakan bahan pembersih yang sempurna dengan teknik pembersihan yang benar saat membersihkan lemari kayu, ini akan memudahkan perabot Anda menjadi cepat rusak.

1. Gunakan kain microfiber

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk membersihkan lemari kayu tanpa banyak kesulitan. Nah, penggunaan kain microfiber yang lembut akan menjadi solusi yang paling sederhana.

Kain ini lebih dikenal sebagai lap khusus untuk mobil, karena fungsinya yang akan membantu menghindari terjadinya goresan. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan perabotan kayu Anda

2. Gunakan cuka putih

Jika lemari pakaian Anda sudah sangat kotor dan berdebu, ide terbaik yang dapat Anda coba untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan cuka putih.

Tuangkan cuka putih pada kain pembersih untuk kemudian dipakaiĀ  menghapus serta membersihkan lemari pakaian Anda. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa cuka yang menempel dengan menggunakan sedikit air, lalu lap kembali hingga kering.

3. Perhatikan setiap sudut

Jangan lupa untuk membersihkan setiap sudut yang terdapat dalam lemari kayu Anda. Ini merupakan bagian yang cukup sulit untuk dijangkau, maka dari itu Anda dapat menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air.

Jangan lupa untuk mengeringkannya kembali dengan menggunakan kapas kering.

4. Hindari penggunaan spons abrasif

Menggunakan spons abrasif untuk membersihkan lemari kayu Anda adalah pilihan yang buruk. Hal ini akan mengakibatkan goresan pada permukaan perabot.

Apabila Anda memiliki lemari kayu yang dipernis, maka penggunaan spons abrasif harus Anda hindari.

5. Jaga agar tidak lembab

Jika perabot Anda dibuat dari kayu yang dipernis, hal ini akan memungkinkan timbulnya uap air. Sedangkan sebagian besar kayu pernis yang sering digunakan sebetulnya tidak tahan air sehingga hal ini dapat merusak kayu dari waktu ke waktu.

Terapkan kain kering pada daerah yang menurut Anda cukup lembab pada perabot Anda.

6. Membersihkan tanpa menggosok

Ingatlah untuk selalu membersihkan lemari kayu dengan gerakan melingkar, secara teratur. Jangan pernah mencoba untuk menggosok permukaannya.

Jika Anda menemukan kotoran yang lengket, lebih baik untuk menggunakan agen pembersih rumah tangga dengan bahan yang ringan.

7. Jangan gunakan baking soda

Meskipun baking soda dianggap sebagai agen pembersih yang baik, tidak dianjurkan untuk Anda gunakan saat membersihkan lemari kayu. Membersihkan perabotan kayu dengan baking soda dapat membahayakan tekstur kayu.

8. Jadikan rutinitas

Bersihkan furnitur Anda termasuk lemari kayu paling tidak sekali dalam dua hari. Ini akan membantu menjaga lemari pakaian Anda terhindar dari bau tak sedap.

Debu dan kotoran yang menumpuk terlalu lama hanya akan membuat Anda kesulitan saat membersihkannya.