Loading...

5 Ide Memanfaatkan Tumpukan Buku Bekas

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

Jika anda hobi membaca atau mengoleksi segala macam bentuk bacaan, mungkin tumpukan buku di rak atau di gudang bukan menjadi hal yang asing lagi. Terutama jika anda sudah berkeluarga dan anggota keluarga anda juga hobi membaca, tumpukan buku, majalah dan koran pun akan semakin menggunung.

Meski perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan orang dapat membaca buku secara digital dan mendapatkan informasi melalui internet, masih banyak pula orang yang suka membaca buku dalam bentuk aslinya dan juga berlangganan koran atau majalah secara rutin.

Namun, lambat laun pun tak terasa jika bacaan yang kita beli sudah terlampat banyak, bacaan yang lama dan sudah tidak dibaca lagi masih tersimpan di dalam rumah. Selain tampilan yang berantakan dan memakan tempat, bacaan-bacaan yang jarang dibersihkan dapat menjadi sarang debu dan kotoran dalam rumah.

Loading...

dekorasi buku bekas

Coba lihat kembali gudang, ruang tamu, hingga kamar tidur anda, apakah ada tumpukan bacaan yang sudah lama tidak tersentuh? jika iya, ada cara untuk memanfaatkan bacaan tersebut.

Tentu saja hal yang termudah adalah membuangnya atau menjualny ke tukang loak. Namun, jika bacaan tersebut dapat anda manfaatkan untuk hal-hal  yang berguna, mengapa tidak? Berikut tips untuk memanfaatkan buku-buku bekas.

1. Disumbangkan

Ini adalah cara yang mudah dan juga sangat bermanfaat. Jika anda memiliki banyak buku pengetahuan, buku bacaan hingga buku pelajaran anak-anak yang sudah tidak terpakai, daripada anda buang, sebaiknnya disumbangkan ke panti asuhan, sekolah yang membutuhkan hingga perpustakaan kota terdekat.

2. Sebagai Dekorasi Ruangan

Di negara-negara barat, mendekorasi ruangan dengan tumpukan buku bukanlah hal baru. Biasanya buku-buku dapat diletakkan secara rapi dalam rak buku untuk menambah ornamen cantik dalam ruangan dan juga menciptakan suasana hangat dalam rumah.  Anda dapat mencoba hal serupa dengan meletakkan rak buku bergaya klasik atau minimalis dengan buku-buku favorit anda di dalamnya.

Selain itu, cara lain yang seru adalah menyampul kembali buku-buku yang sampurnya sudah usang atau berwarna kusam tersebut dengan warna-warna yang cerah seperti hijau, biru dan sebagainya. Buku-buku dengan sampul yang berwarna-warni dapat berfungsi sebagai dekorasi cantik dalam ruangan.

3. Kerajinan Tangan

Konseo DIY atay Do It Yourself saat ini menjadi tren, yaitu menciptakan atau membuat sesuatu dengan kreasi sendiri. Ada banyak jenis kerajinan tangan menarik yang dapat dibuat denan bahan dasar kertas maupun buku.

Cobalah mencari informasi di internet tentang kerajinan tangan berbahan kertas. Kreasi ini dapat berupa barang yang dapat dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari, namun juga hasil karya seni yang unik.

4. Sebagai Barang Antik Bernilai Tinggi

Bagi pecinta barang antik, buku merupakan salah satu barang yang dapat bernilai jual tinggi, terutama jika masih dalam keadaan baik dan memiliki sejarah atau latar belakang yang spesial.

Simpan beberapa buku berharga anda, misalnya yang tidak dijual umum atau dibatasi produksinya, hingga buku-buku sejarah.

5. Sumber Inspirasi

Jika anda hobi menulis dan tiba-tiba tidak punya ide untuk menulis, baca kembali bacaan lama anda baik itu buku, majalah, tabloid maupun koran. Siapa tahu ada beberapa informasi yang walaupun lama tapi masih dapat diterapkan hingga kini.

***

Itulah 5 ide memanfaatkan tumpukan buku bekas. Jaga kualitas buku-buku kesayangan anda dan tetaplah rajin membaca buku karena manfaatnya yang sangat besar. Semoga bermanfaat.