Loading...

Dua Cara Menarik Untuk Membuat Jus Tebu

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Resep

Tebu atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut sugar cane ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh pada daerah beriklim tropis. Hal ini membuat masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan air tebu.

Rasanya yang manis membuat siapa saja senang mengkonsumsinya. Untungnya, setiap hari Anda dapat menemukan sejumlah warung yang menjual air tebu. Di India, jus tebu bahkan dianggap sebagai salah satu jus termurah dengan manfaat yang luar biasa.

Membuat Jus Tebu

Loading...

Faktanya, ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan konsumsi rutin air tebu. Manfaatnya sendiri sebenarnya dapat bervariasi, tergantung pada berbagai tanaman tebu serta jenis tanahnya. Namun, tebu merupakan sumber yang kaya akan kandungan mineral, vitamin dan antioksidan.

Anda dapat membuat jus tebu tanpa menghabiskan waktu yang terlalu banyak, asalkan tebu telah dikupas secara merata. Mengupas tebu tidaklah mudah, terkadang diperlukan bantuan seorang ahli, sehingga disarankan kepada Anda untuk membeli tebu kupas dan kemudian menggilingnya.

Jika Anda ingin membuat jus tebu segar di rumah dan menikmati manfaat kesehatan, Anda perlu memperhatikan dua cara sederhana untuk membuat jus tebu berikut ini.

Dua Cara Untuk Membuat Jus Tebu

Jus Tebu / Sherbet

Bahan yang diperlukan:

  • Tebu 3 hingga 4 cup
  • Jahe 1 inci (dikupas)
  • Lemon (dibagi dua)
  • Gula 2 sdt

Cara membuat:

1. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menyiapkan sebuah wadah yang dangkal, kemudian gabungkanlah semua bahan yang telah Anda siapkan lalu aduk dengan menggunakan sendok hingga merata. Diamkan adukan selama kurang lebih 5 menit, lalu aduk kembali. Ini akan membuat gula larut .

2. Setelah proses pengadukan selesai, dinginkan tebu selama 3 hingga 4 jam. Setelah selesai, ambil wadah lain untuk mencampurkannya dengan sedikit air .

3. Ketika jus tampak lebih cair dan telah tercampur rata, tuangkan ke dalam gelas dan jus tebu pun bisa Anda sajikan segera.

Jus Tebu Dengan Pomegranate (merah delima)

Bahan yang diperlukan:

  • Tebu 2 cup
  • Biji delima, jumlahnya tergantung selera Anda
  • Air lemon 1 sdt

Cara membuat:

1. Pertama-tama, masukkan tebu ke dalam sebuah blender untuk dihaluskan dan campurkan dengan sedikit air.

2. Kemudian tambahkan biji delima kedalamnya lalu haluskan kembali.

3. Masukkan cairan lemon yang sudah Anda siapkan dan aduk rata.

4. Setelah selesai, Anda bisa menambahkan es batu ke dalam gelas lalu menuangkan jus tebu. Sajikan segera.

Itulah dua cara yang dapat Anda coba untuk membuat jus tebu.

Selama ini, tebu selalu dianggap hanya sebagai bahan baku dalam pembuatan gula dan vetsin, namun selain itu sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan lain yang ditawarkan tanaman tebu ini.

Antara lain dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, menghambat terjadinya penumpukan plak pada dinding pembuluh darah, efektif untuk mengatasi diabetes, melawan kanker payudara, dapat berfungsi sebagai anti racun dan antiseptik, memperkuat kerja jantung, mampu mengobati tumor serta gangguan vagina.

Setelah mengenal manfaat tebu untuk kesehatan tubuh Anda, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi jus tebu secara rutin. Namun Anda harus selalu ingat untuk membuat dan mengolahnya dengan alat dan bahan-bahan yang bersih agar kesehatan tetap terjaga.