Loading...

5 Tips Menghemat Pengeluaran Perawatan Kecantikan

Penulis: Amanda Rubrik: Finansial, Wanita

Wanita memang identik dengan belanja, apalagi jika hal itu ada hubungannya dengan kecantikan. Sepertinya memang kodrat wanita untuk ingin selalu tampil cantik dan dalam hal ini, membeli barang-barang untuk membuat penampilannya semakin sempurna.

Tidak hanya berbelanja busana hingga sepatu dan tas, namun satu hal yang sering membuat wanita mengeluarkan banyak biaya adalah perawatan kecantikan.

Menghemat Pengeluaran Perawatan Kecantikan

Loading...

Sebut saja membeli alat rias, parfum hingga perawatan kulit di salon maupun spa tertentu yang bisa menguras banyak uang dan memerlukan biaya yang tinggi.

Tak heran jika peribahasa besar pasak daripada tiang sering diidentikkan dengan wanita karena hobi berbelanja tanpa memikirkan besarnya pengeluaran.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya perawatan kecantikan tanpa mengurangi kualitas perawatan itu sendiri? Berikut kami bagi tipsnya untuk anda.

1. Bahan Alami

Sudah bukan hal yang baru, merawat kecantikan tubuh dan wajah dengn bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Saat ini juga banyak produk kecantikan yang mengandung bahan utama bahan alami seperti dari buah, sayuran, biji-bijian hingga rempah-rempah tertentu, yang hasilnya justru lebih baik daripada yang berbahan kimia.

Jika produk tersebut berbahan alami, anda tentu juga dapat membuatnya sendiri. Di internet saat ini juga banyak terdapat resep atau cara membuat produk kecantikan dari bahan alami seperti pelembab kulit, scrub wajah, perawatan rambut dan masih banyak lagi.

Selain bahan yang mudah didapat, anda pun dapat menghemat pengeluaran perawatan kecantikan diluar.

2. Tidak Mudah Terpengaruh

Banyak produk kecantikan yang dipasarkan dengan strategi yang sangat baik hingga tidak hanya menjadi terkenal namun juga fenomenal dan banyak wanita yang ramai-ramai membelinya. Begitulah salah satu stategi pemasaran yang sukses.

Namun, sebaiknya anda tidak mudah terpengaruh begitu saja pada iklan atau produk yang sedang booming, karena toh pada akhirnya produk lainnya akan muncul. Sebaiknya pertimbangkan kembali dengan melihat ulasan produk tersebut di media elektronik dan cetak untuk mengetahui kualitas produk tersebut.

Hal itu dapat membantu anda menghemat pengeluaran hanya karena sering membeli produk yang sedang tren.

3. Ingin atau Butuh?

Jika berbicara soal membeli barang, banyak dari kita yang membeli produk kecantikan karena keinginan semata, misalnya wadahnya yang lucu, warnanya yang menarik, dan lain sebagainya.

Pertimbangkan kembali sebelum anda membeli, apakah anda benar-benar membutuhkannya, atau hanya karena ingin memiliki saja. Hal ini untuk menghindari barang yang telah anda beli namun tidak digunakan.

4. Gunakan Hingga Habis

Kebanyakan dari wanita menggunakan produk kecantikan hanya untuk sebentar dan sudah membeli produk yang baru walah produk yang lama masih tersisa banyak.

Kebiasaan seperti ini sebaiknya anda hilangkan jika ingin berhemat, yaitu dengan cara menggunakan produk tersebut hingga habis, lalu membeli yang baru.

Jika anda melihat lagi koleksi produk kecantikan anda, mungkin masih banyak botol atau kemasan yang isinya masih banyak dan tidak digunakan lagi.

5. Membeli Dengan Bijak

Misalnya dalam hal volume, banyak dari kita yang membeli produk dalam kemasan yang besar. Memang lebih murah jika dibandingan dengan yang kemasan lebih kecil namun jumlahnya banyak.

Namun, hal tersebut sebaiknya dilakukan hanya jika anda sudah cocok dengan produk tersebut

. Jika anda belum pernah menggunakan produk tersebut, sebaiknya beli dalam ukuran kecil bahkan mungkin ada juga yang menjual sampelnya saja. Jika dirasa sudah cocok, anda dapat membeli dalam ukuran yang lebih besar.

***

Itulah 5 tips menghemat biaya produk kecantikan. Cantik tidak harus mahal, dan jadilah konsumen yang bijak. Semoga bermanfaat.