Loading...

5 Tips Untuk Berhenti Jadi Orang Pelupa

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Sifat yang satu ini mungkin dimiliki banyak orang. Ya, pelupa. Sifat pelupa yang identik dengan orang lanjut usia ternyata tidak selalu benar. Nyatanya, mungkin banyak dari kita yang masih tergolong dalam usia produktif juga sudah sering lupa.

Lupa biasanya terjadi dalam berbagai hal kecil dalam aktivitas sehari-hari yang sayangnya, hal kecil ini dapat berpengaruh terhadap yang lebih besar lagi. Entah itu lupa meletakkan barang di tempatnya hingga sulit untuk dicari, lupa akan janji dengan seorang kerabat, hingga lupa mengerjakan tugas yang seharusnya sudah harus dikerjakan.

 Berhenti Jadi Orang Pelupa

Loading...

Sifat lupa biasa orang kaitkan dengan tingkat konsentrasi yang lemah. Pada beberapa orang, mereka memiliki konsentrasi yang tidak baik sehingga tidak dapat fokus akan sesuatu dan memmikirkan hal yang lain sehingga melupakan hal yang perlu diutamakan.

Beberapa orang juga menyebutkan bahwa pelupa merupakan kebiasaan buruk yang alami karena dapat dihilangkan dengan memperbaiki beberapa kebiasaan yang menyebabkan seseorang mudah lupa.

1. Agenda

Di benua Eropa misalnya, agenda berupa buku berukuran sedang yang terbit berdasarkan tahun yang sedang berlangsung merupakan salah satu benda wajib yang dibeli orang saat awal tahun dan selalu dibawa kemana-mana.

Meskipun buku agenda terdengar kuno, namun cara ini merupakan cara baik untuk menghindari sifat lupa, yaitu dengan mencatat semua hal atau rencana di kemudian hari.

Anda dapat menulis di buku agenda tentang janji temu, tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan, beberapa deadline hingga tanggal-tanggal penting lainnya.

2. Makanan sehat

Untuk menghilangkan dan menghindari sifat pelupa dibutuhkan konsentrasi tinggi terhadap suatu hal yang tidak hanya dapat disebabkan oleh faktor dari luar, namun juga dari dalam.

Faktor dari dalam ini adalah makanan yang kita konsumsi dimana beberapa bahan makanan tidak sehat dapat menurunkan kinerja otak dan mengganggu konsentrasi.

Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan baik untuk otak agar anda mampu berkonsentrasi lebih baik.

3. Catatan Kecil

Mungkin anda mengenal post-it, yaitu kertas berukuran kecil yang dapat ditempel dimeja, dinding dan lain sebagainya. Benda ini digunakan untuk menuliskan catatan kecil atau small note yang berisikan catatan penting seperti nomor telpon, janji temu dan lain sebagainya.

Cara ini dapat anda manfaatkan dengan cara menempelkannya pada meja komputer anda, dinding kamar, pintu lemari es dan masih banyak lagi.

4. Fokus

Jika anda termasuk orang yang pelupa, cobalah untuk fokus terhadap satu hal sebelum melakukan hal lainnya.

Misalnya saat anda mengetahui ada deadline pekerjaan di hari Rabu, maka utamakan hal tersebut sebelum anda melakukan hal lainnya yang mungkin dapat diselesainya di hari-hari setelahnya.

5. Disiplin

Ya, kebanyakan orang memiliki sifat pelupa karena menggampangkan beberapa hal kecil yang meskipun kecil dapat menimbulkan masalah yang besar karena lupa.

Misalnya anda yang sering lupa meletakkan kunci kendaraan. Letakkan kunci kendaraan pada satu bagian tas maupun tempat lain yang akan selalu menjadi tempat anda meletakkan kunci. Pastikan anda selalu meletakkan kunci tersebut di situ sehingga memudahkan anda saat mencarinya.

***

Itulah 5 tips untuk menghindari sifat pelupa. Sifat yang sangat umum dimiliki semua orang ini dapat disembuhkan dengan melakukan tips di atas. Semoga bermanfaat.