Loading...

10 Tanda Anda Mengalami Defisiensi Besi

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

10 Tanda Anda Mengalami Defisiensi BesiBanyak wanita menderita kekurangan zat besi, namun jumlah itu bahkan lebih tinggi pada wanita yang aktif secara fisik, kata para ahli. Bagaimana Anda bisa tahu jika tingkat Anda sedikit rendah? Simak tanda-tanda peringatan berikut ini, dilansir dari Womenshealthmag.com:

Kelelahan

“Tubuh menggunakan besi untuk membuat hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen,” kata Blaire Morriss, seorang praktisi perawat di Vanderbilt Center for Integrative Health. Bila Anda tidak memiliki cukup sel darah yang sehat, Anda mulai merasa lelah.

Loading...

Sulit Konsentrasi

Sintesis neurotransmitter dapat berubah pada orang dengan kekurangan zat besi, yang mengarah ke fungsi yang lebih rendah dari normal, kata Morriss.

Apatis

Produk sampingan lain akibat berubahnya sintesis neurotransmitter? Apatisme terhadap apa saja dan segalanya – teman, keluarga, pekerjaan, bahkan episode terbaru dari The Bachelor, kata Morriss.

Sesak Napas

Hal ini dapat terjadi, entah saat Anda berada di gym atau hanya berjalan ke mobil Anda – tapi mengapa? “Tanpa cukup zat besi dalam darah, tubuh menjadi kekurangan oksigen,” kata Kimberly Mueller, RD, pemilik Fuel Factor Nutrition Coaching.

Kulit Pucat

Terlihat seperti Twilight akhir-akhir ini? Itu bukan pertanda baik. “Tampilan seperti itu dapat disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan menurunnya jumlah sel darah merah,” kata Mueller.

Kesulitan Melakukan Olahraga Normal

Berjuang untuk melakukan rekor latihan yang sama seperti beberapa minggu yang lalu – meskipun Anda tidak mengulur-ulur waktu saat berolahraga? Tingkat besi yang rendah dapat menyebabkan daya tahan Anda menurun, menurut sebuah studi terbaru Cornell.

Otot Sakit

Jika Anda memaksa diri Anda ke gym, Anda mungkin akan merasa terbakar lebih lama dari biasanya setelahnya: Tidak memiliki cukup zat besi menghalangi otot-otot Anda dari kemampuan mereka untuk pulih dengan benar, menyebabkan rasa sakit.

Kuku Rapuh

Bahkan mani/pedi terbaik sekalipun tidak dapat menyembunyikan kerapuhan kuku Anda. Cara lain untuk melihat apakah Anda mengalami kekurangan zat besi: terdapat lekuk cekung atau berbentuk seperti sendok pada kuku.

Sering Infeksi

Jika Anda sering sakit – terutama jika Anda selalu mengalami penyakit pernapasan – kekurangan zat besi mungkin penyebabnya, kata Mueller.

Urin Merah atau Merah Muda

Nah, ini merupakan tanda yang paling aneh. Beeturia adalah apa yang terjadi ketika Anda mengonsumsi bit dan mengeluarkan urin berwarna kemerahan. Sementara ini terjadi pada 10 sampai 14 persen dari orang normal, Morriss mengatakan jumlah ini jauh lebih tinggi pada orang dengan kekurangan zat besi dan disebabkan oleh peningkatan penyerapan pigmen tertentu oleh usus.

Menurut webMD, mengambil suplemen zat besi dan mendapatkan cukup zat besi dalam makanan Anda akan memperbaiki sebagian besar kasus anemia akibat kekurangan zat besi. Suplemen biasanya diambil 1 sampai 3 kali sehari. Untuk mendapatkan manfaat dari pil, ambillah dengan pil vitamin C (asam askorbat) atau jus jeruk. Vitamin C membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak zat besi.