Loading...

Yuk, Baca 7 Fakta Tersembunyi Mengenai Obat Sirup

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Obat sirup menjadi salah satu obat ringan yang dapat Anda temui bukan hanya di apotik tetapi juga di toko-toko dan swalayan yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Obat sirup kebanyakan diperuntukkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena memiliki rasa yang manis dan disukai oleh anak-anak.

Meskipun dikenal dengan salah satu obat penolong ringan yang umumnya diberikan pada anak, tetapi kenyataannya obat ini ternyata terdiri dari beberapa campuran zat yang sangat tidak sehat. Salah satu dampak negatif yang mungkin dapat di timbulkan dari obat ini yaitu dapat menyebabkan beberapa jenis komplikasi kesehatan.

Fakta Obat Sirup

Loading...

Karena itu, untuk Anda para orang tua akan lebih baik mengetahui beberapa fakta mengenai obat sirup pada artikel berikut sebelum memberikannya pada anak Anda.

1. Mengandung Alkohol

Meskipun dipasarkan sebagai obat ringan, Anda harus tahu bahwa obat ini ternyata memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

Jika Anda sering memberikan obat ini sebagai penolong utama saat anak sakit tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, maka sebaiknya segera dihentikan karena akan berdampak sangat buruk untuk kesehatan anak nantinya.

2. Dapat Menyebabkan Kecanduan

Obat sirup dapat membuat Anda ketagihan saat meminumnya. Anda akan merasa kecanduan dan membutuhkan obat ini saat penyakit yang sama datang atau bahkan untuk jenis penyakit lainnya.

Jika berlebihan mengkonsumsi minuman ini, maka akan banyak menimbulkan efek untuk kesehatan. Akan lebih baik untuk Anda tidak mengonsumsinya saat sedang sakit, melainkan mengunjungi dokter untuk meminta obat yang tepat.

3. Dapat Menyebabkan Delusi dan Halusinasi

Obat sirup secara tidak sadar dapat membuat Anda berhalusinasi dan delusi. Gabungan dari obat sirup dan alkohol bisa menjadi kombinasi yang mematikan untuk kesadaran Anda.

4. Dapat Menyebabkan Codeine (Kesulitan Bernafas)

Codein adalah situasi dimana Anda merasa sulit untuk bernapas, dan dalam beberapa  kasus tidak  jarang dapat menyebabkan kematian akibat kesulitan bernafas.

5. Dapat Menyebabkan Kejang

Jika Anda memiliki riwayat kejang, maka sebaiknya untuk tidak mengonsumsi obat sirup ini karena dapat meningkatkan risiko kejang Anda muncul.

6. Dapat Menyebabkan Mual, Diare dan Masalah Kesehatan Lainnya

Bahan dalam obat ini begitu adiktif, dimana dapat menyebabkan banyak masalah. Anda akan merasa mual, diare dan mengalami masalah kesehatan lainnya. Jika Anda salah satu di antara banyak orang yang sudah sering menggunakan obat dalam bentuk sirup ini, akan lebih baik untuk menghentikan penggunaannya.

7. Terdapat Campuran Lain

Selain Alkohol, beberapa jenis obat sirup biasanya sering dicampurkan beberapa jenis obat lainnya dimana akan menjadi kombinasi yang mematikan. Obat sirup ini akan memberikan dampak negatif yang tinggi untuk kesehatan.

**

Inilah 7 fakta mengenai obat sirup yang biasanya dianggap sebagai obat ringan. Akan lebih baik untuk Anda melakukan pemeriksaan ke dokter dan mendapatkann obat yang sesuai dan menggunakan resep.

Meskipun tidak semua obat sirup dapat dikategorikan berbahaya, tetapi disarankan untuk Anda membeli obat yang beredar di apotik dan lulus badan kesehatan dibanding membelinya di toko pinggir atau swalayan. Semoga bermanfaat.