Loading...

5 Tips Perawatan Kulit Untuk Ibu Hamil

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Wanita

Selama menjalani masa kehamilan, banyak dari para wanita yang tidak melakukan perawatan kulit karena takut akan berdampak pada bayi yang dikandungnya. Saat hamil, banyak terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan banyak masalah fisik, serta masalah mental seperti depresi, rasa cemas, stres dan lain-lain.

Perubahan pola hidup yang terjadi saat hamil bukan hanya membuat perubahan bentuk tubuh tetapi juga struktur kulit seperti kulit menjadi lebih berminyak sehingga tidak jarang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat ataupun komedo.

 Perawatan Kulit Untuk Ibu Hamil

Loading...

Beberapa wanita hamil juga sering mengeluhkan warna kulit mereka yang tidak cerah lagi saat mengandung karena menghentikan perawatan kulit.

Nah, jika Anda salah satu dari ibu hamil yang mencemaskan hal tersebut, beberapa tips perawatan tubuh pada artikel berikut mungkin akan membantu Anda mengatasi masalah pada kulit.

1. Menjaga Kebersihan

Salah satu cara termudah untuk membuat kulit Anda tetap cantik tanpa harus melakukan perawatan yaitu menjaga kebersihan kulit. Cuci wajah Anda secara teratur setiap hari untuk mencegah kotoran yang tertinggal pada wajah Anda.  Karena Anda sedang mengandung, maka tidak perlu menggunakan sabun pencuci wajah.

Untuk Anda yang mengalami kulit berminyak selama hamil, maka mencuci wajah dan mandi menjadi hal yang harus Anda lakukan setiap harinya.

Membersihkan wajah Anda beberapa kali sehari dengan air mawar dan kapas bola juga membantu untuk lebih membersihkan wajah dan membuatnya tampak cantik.  Tetapi jika Anda ingin lebih aman, cukup dengan menggunakan air biasa juga akan membantu. Pastikan juga untuk mandi setiap hari untuk menjaga kebersihan kulit badan Anda.

2. Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Bila Anda sedang hamil, makanan yang Anda konsumsi tidak hanya baik untuk anak dalam kandungan tetapi juga memberikan keuntungan untuk kesehatan dan kebersihan kulit.

Untuk ibu hamil, menghindari makanan pedas akan menjauhkan dari masalah perut dan juga masalah kulit seperti jerawat. Anda juga perlu menghindari makanan yang terlalu berminyak yang dapat menyebabkan keriput dan juga menghilangkan cahaya alami kulit Anda.

Cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi banyak buah-buahan segar dan sayuran sehingga seluruh sistem tubuh Anda tetap bersih dan akan membuat kulit Anda tetap sehat.

3. Perawatan Alami

Cobalah menghindari bahan kimia untuk melakukan perawatan saat masa kehamilan karena akan membahayakan bayi dalam kandungan.  Jika Anda ingin facial, akan lebih baik untuk menggunakan masker herbal atau masker yang Anda buat sendiri sehingga akan mengurangi resiko terkena efek samping.

Produk dan perawatan yang berbahan kimia akan membuat Anda terlihat lebih tua dan membuat kulit kering. Karena itu, beberapa ahli kulit menyarankan bukan hanya untuk wanita hamil untuk menggunakan produk alami yang akan meningkatkan kualitas kulit.

Jika ingin membuat masker, Anda dapat menggunakan yoghurt, kulit pepaya, kulit jeruk atau bahan alami lainnya.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Ini adalah teknik yang paling sederhana dan terbaik untuk menyingkirkan semua racun dalam tubuh Anda dan memiliki kulit yang cantik alami selama masa kehamilan. Meminum banyak jus segar, air tahu dan juga air kelapa akan memberikan keuntungan untuk bayi dan diri Anda.

5. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Ketika akan keluar rumah, Anda dapat menggunakan tabir surya yang berbahan ringan untuk mencegah kulit Anda rusak akibat sinar matahari yang berlebih. Selain itu menggunakan pelembab seperti hand body juga membantu menghindarkan kulit dari kekeringan.

**

Inilah 5a tips sederhana untuk Anda para ibu hamil yang sulit untuk melakukan perawatan kulit saat masa kehamilan. Perawatan sederhana ini akan membantu menjaga kecantikan dan kealamian kulit selama masa kehamilan. Istirahat yang cukup juga akan memberikan manfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Semoga bermanfaat.