Loading...

5 Tips Agar Lancar BAB Setiap Pagi Hari

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

 Agar Lancar BABApakah ritual anda di pagi hari? Tentu masing – masing dari Anda mempunyai jawaban yang berbeda – beda sesuai dengan beragam hobi yang dimiliki.

Ada yang mempunyai ritual pagi seperti olahraga jogging dan senam pagi atau hanya melakukan kegiatan rumah tangga rutin dari bersih – bersih, menyapu, ngepel atau memasak sampai kegiatan rohani.

Tetapi dari segi kesehatan, yang dimaksud dengan ritual pagi di sini selain hal – hal tersebut di atas, terpenting adalah BAB alias buang air besar.

Loading...

Menurut jam biologis, tubuh kita terutama di antara pukul 05.00 – 07.00 adalah waktu yang tepat untuk dipakai buang air besar. Karena di jam – jam inilah proses kesehatan tubuh terutama pada usus besar mulai bekerja dengan sangat maksimal dan tentu saja merupakan saat yang tepat bagi kita untuk melakukan buang air besar dan sejenisnya. Meskipun pada beberapa kasus tertentu, orang melakukan BAB di siang, sore, atau tengah malam.

Yang lebih penting adalah bagaimana agar anda bisa buang air besar dengan lancar dan menjadi sebuah kebiasaan alias rutin dilakukan setiap harinya di pagi hari.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir sebagian besar masyarakat beragam usia pernah mempunyai masalah susah buang air besar, sehingga banyak cara dilakukan untuk membantu mereka agar bisa sehat dalam hal ini. Beragam iklan produk pelancar buang air besar banyak diedarkan dan laris dikonsumsi.

Anda pun tentu tidak mau juga mengalami derita susah buang air besar. Oleh karenanya berikut diberikan beberapa tips sederhana mengatasi susah BAB terutama pada waktu pagi hari, bisa anda simak sebagai berikut :

1). Jangan menunda BAB

Segera buang air besar jika dirasa perut mulai sakit, jangan ditunda – tunda lagi. Kalau sewaktu – waktu anda terkena sakit perut karena ingin buang air besar, segeralah tunaikan kewajiban itu.

Jangan karena malas atau gengsi karena sedang melakukan kegiatan lain menyebabkan anda menunda acara BAB. Karena acara buang air besar yang ditahan dengan sengaja justru akan menyebabkan timbulnya masalah konstipasi alias sembelit yaitu kondisi susah buang air besar di lain waktu.

2). Makan buah dan sayur segar secara rutin setiap hari

Buah dan sayur segar merupakan sumber serat yang berfungsi bagus sebagai kesehatan tubuh kita. Namun jika persediaan buah dan sayur segar susah diperoleh, dapat diganti dengan menggunakan sumber serat dari bahan yang lain seperti suplemen serat. Tapi, mendapatkan asupan nutrisi cukup dari bahan alami tentu mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan dengan anda mengonsumsi suplemen.

Nah, serat adalah faktor terpenting untuk membantu anda agar masalah buang air besar di pagi hari menjadi lancar karena banyak makan serat membuat gerakan usus besar pun menjadi baik dan teratur, sehingga acara buang air besar pun menjadi sehat terutama waktu pagi hari.

3). Banyak minum air putih

Minum air putih secara rutin setiap hari dalam porsi yang tepat erat kaitannya dengan masalah BAB lancar di pagi hari. Jika di dalam usus besar kita terdapat setumpuk makanan berserat, ini akan berakibat serat – serat itu akan banyak menarik atau menyerap air. Karena air yang terserap dalam jumlah cukup banyak, feses pun akan menjadi sedikit lunak.

Kondisi feses yang lunak di dalam perut akan berpengaruh terhadap proses buang air besar yang terasa mudah dilakukan kapan pun anda merasakan mulas di perut karena ingin BAB.

4). Rileks

Anda harus dalam kondisi seluruh badan yang rileks seperti halnya anda dalam menjalani kehidupan ini. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa ritme kehidupan memang mempunyai konsentrasi kondisi tidak hanya nyaman saja namun terkadang anda diharuskan berhadapan dengan stres atau kecemasan.

Jika anda terlalu sering mengalami stres, ini akan mempengaruhi otot – otot dalam tubuh. Salah satunya adalah otot organ pencernaan. Jika otot pencernaan terganggu, tentu fungsi organ pun akan menjadi tidak sehat. Anda menjadi tidak bisa buang air besar secara lancar.

5). Olahraga

Olahraga memang harus dilakukan secara rutin. Karena bagaimana pun juga dengan olahraga akan membantu tubuh anda menjadi bugar. Organ – organ tubuh bisa bekerja secara normal. Olahraga membuat pencernaan atau pernafasan anda menjadi lancar dan sehat, olahraga tetap menjadi salah satu media ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jadi usahakan anda berolahraga secara rutin setiap pagi hari atau sore, hal ini bisa kita lakukan supaya badan menjadi normal terutama dalam urusan buang air besar setiap hari. Dengan buang air besar rutin dan lancar apalagi di pagi hari, kotoran – kotoran dalam tubuh dibantu keluar. Tubuh terasa lebih segar, sehat dan terasa nyaman.

**

Sembelit atau susah buang air besar kerap dipandang sebagai masalah kecil oleh sebagian masyarakat awam. Padahal, jika kondisi ini dibiarkan berlarut – larut tanpa ada usaha pencegahan, akan berpengaruh buruk untuk kesehatan tubuh, seperti bisa memicu tumbuhnya sakit kanker.

Sembelit juga bisa dipakai media awal bahwa pertanda anda akan terserang suatu jenis penyakit lain apalagi jika anda hampir setiap hari mengalami sembelit. Sembelit atau konstipasi merupakan pergerakan usus abnormal dengan ditandai sebuah gejala awal seperti mengejan, feses keras, frekuensi berkurang dan perasaan buang air besar (BAB) yang tidak puas.

Oleh karenanya anda perlu sekali memperhatikan tips – tips penting tersebut di atas untuk pencegahan awal agar anda terhindar dari masalah sembelit atau BAB sehingga dengan terbebasnya anda dari masalah tersebut, kesehatan tubuh menjadi tetap terjaga.

(Foto: cbsnews.com)