Loading...

Tips Menjadi Superstar di Tempat Kerja

Penulis: Mayrani Rubrik: Dunia Karir

Tips Menjadi Superstar di Tempat KerjaAnda pernah mendengar bahwa Generasi Millenium haus akan kekuasaan, terlalu percaya diri, menghabiskan sepanjang hari dengan iPhone dan ingin mendapatkan promosi konstan?! Hancurkan stereotype tersebut dengan tips-tips dari pakar karir Gen Y, Dan Schawbel, penulis buku Promote Yourself: The New Rules For Career Success, dilansir dari WomensHealthMag.com.

Tips 1. Lakukan pekerjaan dengan baik seperti yang ditugaskan.

Punya banyak ide baru untuk perusahaan Anda? Bagus – tapi pastikan untuk menguasai job description Anda sebelum Anda mengusulkannya. “Anda membangun reputasi yang kuat dengan menjaga dan mengutamakan apa yang menjadi tugas Anda,” kata Schawbel.

Loading...

Tips 2. Permudah pekerjaan Bos Anda.

“Bos Anda menciptakan pengalaman Anda di tempat kerja,” kata Schawbel. Jika Anda membuatnya terlihat hebat, ia juga akan lebih mungkin untuk memberikan Anda dorongan. Jadi berpartisipasilah untuk membantu proyek yang membuatnya stres – bahkan jika ia tidak meminta.

Tips 3. Jadilah seorang ahli!

Jika Anda menjadi banyak tahu informasi mengenai keamanan internet atau topik tertentu atau Microsoft Excel, Anda akan menonjol dan mengukuhkan diri sebagai kebutuhan kantor, kata Schawbel. Itu pasti sepadan dengan biaya investasi dalam kursus tambahan.

Tips 4. Jadilah pengusaha di perusahaan Anda.

Temukan peluang yang tidak digunakan oleh Bos Anda, kata Schawbel. Misalnya, jika Anda bekerja di sebuah toko ritel yang tidak ada di Pinterest, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat akun dan menjelaskan mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk menjualnya.

Tips 5. Beri apresiasi pada keterampilan rekan Anda.

Tidak peduli seberapa baik Anda meng-kode atau mengatur, tidak ada yang akan ingin bekerja dengan Anda jika Anda tidak memiliki keterampilan interpersonal. Schawbel menyarankan untuk menempatkan diri di luar sana dalam banyak situasi sosial – berinteraksi dengan rekan-rekan dalam pertemuan, menghadiri acara yang disponsori perusahaan, dan hanya berusaha untuk menampilkan diri dengan cara yang menyenangkan.

Tips 6. Minta Bos Anda untuk memberikan umpan balik.

Pertimbangkan meminta umpan balik ketika Anda tidak diikutkan dalam sebuah proyek, kata Schawbel. “Kemudian Anda akan tahu apa yang salah dan dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi.”

Tips 7. Temukan cara fun untuk menyelesaikan tugas yang tidak begitu Anda sukai.

Setiap orang memiliki tanggung jawab pekerjaan yang takut untuk mereka lakukan. Sulit untuk menunjukkan antusiasme palsu sembari menyelesaikan laporan biaya, tetapi menjaga sikap positif membutuhkan banyak waktu, kata Schawbel. Jadi carilah cara untuk membuat tugas-tugas yang membosankan sedikit lebih menyenangkan. Misalnya, manjakan diri Anda dengan latte saat Anda membuat laporan biaya tersebut.

Tips 8. Selalu menyerahkan

Jangan pernah menjatuhkan bola, kata Schawbel. “Orang tidak akan datang kembali kepada Anda. Mereka tidak akan mempercayai Anda dengan lebih banyak pekerjaan.” Salah satu trik ketika Anda menyeimbangkan banyak tugas: Masukkan tanggal jatuh tempo untuk semua tugas pada kalender Anda, dan atur pengingat beberapa hari sebelumnya, kata Schawbel.

Tips 9. Tahu kapan waktunya untuk TIDAK meminta promosi

Jangan meminta kenaikan gaji atau promosi sampai setelah Anda sudah mulai melakukan pekerjaan posisi di atas Anda. “Ketika Anda pergi ke pertemuan, Anda harus membuktikan bahwa Anda layak mendapatkan gaji yang lebih tinggi,” kata Schawbel.

Tips 10. Bertemu dengan orang-orang yang melakukan apa yang ingin Anda lakukan.

“Lalu Anda dapat mencari tahu bagaimana Anda akhirnya bisa mendapatkan posisi itu, ” kata Schawbel.

Tips 11. Jangan Mundur!

Jika Anda tidak begitu menyukai pekerjaan Anda, jangan megundurkan diri dengan segera. “Lihatlah peluang lain dalam perusahaan Anda sebelum Anda melihat ke luar,” kata Schawbel. Cobalah untuk memperluas peran Anda atau pindah ke departemen yang berbeda. Anda akan mendapatkan lebih banyak poin di pekerjaan Anda saat ini – dan di masa depan.

Tips 12. Berusahalah!

“Bertanggung jawab dan buatlah sesuatu itu terjadi,” kata Schawbel. Anda bertanggung jawab pada karir Anda sendiri, rock it!