Loading...

5 Vitamin Terbaik Pelindung Tubuh Dari Kanker

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

5 Vitamin Terbaik Pelindung Tubuh Dari KankerCara terbaik untuk mengalahkan kanker secara alami adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Makanan sehat kaya nutrisi merupakan bagian penting dari rencana anti-kanker.

Berikut adalah 5 vitamin terbaik yang membantu melindungi tubuh dari kanker, dilansir dari Care2.com:

1. Beta Karoten

Loading...

Prekursor vitamin A ditemukan di sebagian besar sayuran jingga dan hijau seperti wortel, ubi jalar, bayam, kale, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa beta karoten dapat melindungi paru-paru terhadap racun yang terkait dengan kanker paru-paru.

Studi lain menemukan bahwa mantan perokok yang mengonsumsi sayuran hijau dan kuning yang tinggi dalam beta karoten setiap hari mengalami penurunan resiko kanker perut dan paru-paru.

2. Vitamin B6

Vitamin B ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu melindungi saluran pernapasan dari polusi dan infeksi. Dalam studi, ia membantu melindungi terhadap kanker serviks. Vitamin B6 terutama ditemukan dalam wortel, apel, daging organ, pisang, sayuran berdaun hijau, dan ubi jalar.

3. Vitamin C

Salah satu nutrisi yang banyak diteliti dengan baik, Vitamin C telah menunjukkan janji dalam memerangi kanker, baik dalam pencegahan maupun manajemen penyakit. Suatu studi di mana empat puluh pasien dengan kanker payudara, ovarium, rahim, atau leher rahim menerima dosis besar asam askorbat (vitamin C) dan vitamin lainnya.

Enam puluh satu pasien lain dengan jenis kanker lainnya mengikuti aturan yang sama, sementara tiga puluh satu pasien tidak menerima suplemen vitamin dan berada dalam kelompok kontrol. Kelompok kontrol hidup rata-rata 5,7 bulan. Yang lain, 80 persen dari pasien dengan kanker payudara, ovarium, rahim, atau leher rahim memiliki waktu kelangsungan hidup rata-rata 122 bulan, pasien dengan bentuk lain dari kanker hidup rata-rata 72 bulan. Itu berarti panjang hidup 13 sampai 21 kali lebih lama pada mereka yang menggunakan terapi vitamin.

4. Asam Folat

Dalam penelitian, asam folat, juga dikenal sebagai folat atau vitamin B9, membantu melindungi terhadap kanker serviks dan diperlukan untuk pembentukan bahan genetik tubuh – DNA dan RNA. Asam folat ditemukan dalam bit, kubis, sayuran berdaun hijau, telur, buah jeruk, dan sebagian besar jenis ikan.

5. Vitamin E

Selain melindungi diri terhadap kanker usus, vitamin E bekerja sebagai antioksidan kuat yang mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh ozon dan polutan pada sel. Hal ini ditemukan dalam telur, gandum, hati, minyak sayur mentah, dan sayuran hijau gelap.