Loading...

6 Tips dan Trik Membuat Baterai iPhone Tahan Lebih Lama

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Teknologi

Jika Anda seorang pengguna iPhone, mungkin masalah baterai pada iPhone sering membuat Anda merasa kesal. Gadget satu ini memang dikenal sebagai alat telekomunikasi yang paling boros baterai dibanding Android atau Blackberry.

Banyaknya aplikasi yang ditawarkan gadget ini menjadi salah satu alasan mengapa baterai sangat cepat habis.

Trik Membuat Baterai iPhone Tahan Lebih Lama

Loading...

Jika Anda tidak ingin terus dihantui dengan masalah baterai, beberapa tips dan trik pada artikel berikut akan sedikit membantu mengurangi keborosan yang sering terjadi pada iPhone Anda.

1 . Matikan Bluetooth pada iPhone

Tidak banyak yang menyadari bahwa saat bluetooth pada handphone diaktifkan bahkan jika Anda tidak menggunakannya, maka akan lebih cepat menguras baterai handphone. Hal ini dikarenakan bluetooth yang aktif akan tetap mencari perangkat lain untuk memasang sehingga akan menguras baterai handphone Anda.

Ini tidak hanya berlaku pada iPhone saja melainkan semua jenis handphone.

2 . Mengunci iPhone Jika Tidak Digunakan

Setelah Anda selesai berbicara melalui telepon, sms atau memeriksa email Anda, ingat untuk mengunci kembali handphone Anda. Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini karena mereka lebih mengandalkan layar mereka akan padam dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang telah diatur.

Untuk menghindari baterai terkuras, gunakan fitur auto –lock untuk membantu iPhone Anda terkunci secara otomatis setelah menggunakannya.

 3 . Jauhkan Dari Tempat yang Bersuhu Tinggi

Baterai Anda akan tahan lebih lama jika disimpan pada tempat yang sesuai. Berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan iPhone Anda di bawah sinar matahari langsung atau  mobil yang sedang menyala dan tempat lainnya yang memiliki suhu panas.

Jangan meletakkan iPhone pada saku celana, baju atau tempat yang dapat berhubungan dengan suhu tubuh karena akan  meningkatkan suhu pada iPhone.

Saat melakukan pengisisan daya, pastikan suhu iPhone tidak memanas saat pengisian karena saat berada dalam keadaan panas tersebut, berartia iPhone Anda tidak dalam keadaan yang tepat saat pengisian daya.

4 . Matikan Layanan Berbasis Lokasi

Perlu diingat untuk mematikan layanan berbasis lokasi untuk memastikan daya baterai tetap bertahan lama.Wi-fi juga termasuk di dalamnya. Matikan jaringan Wifi Anda saat sudah tidak menggunakannya.

5 . Perbarui iPhone Anda Secara Teratur

Melakukan upgrade/memperbaharui software dari iPhone akan membantu untuk meningkatkan daya tahan baterai iPhone Anda. Lakukan pengupgradetan pada tempat resmi untuk menghindari terjadinya masalah.

6 . Atur Brightness (Kecerahan) Layar iPhone Anda

Brightness yang terlalu cerah akan menguras banyak baterai iPhone Anda. Lakukan pengaturan pada setting untuk menurunkan kecerahan layar hingga 10-30% untuk lebh menghemat.

Anda juga dapat mencentang tanda auto yang secara otomatis akan mengatur brightness iPhone Anda.

**

Demikian beberapa tips dan trik untuk menjaga baterai iPhone tetap awet dan tahan lama. Bukan hanya memberikan keuntungan untuk iPhone Anda, tetapi ini juga akan membuat iPhone bertahan lebih lama sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang.

Saat pengisian data, Anda dapat mengubah iPhone dalam mode penerbangan (flight) untuk mencegah masuknya sms atau panggilan saat sedang pengisian. Semoga bermanfaat.